Sukses

Arek Suroboyo Rancang Aplikasi Pencari Jodoh

Jim Yang, technopreneur kelahiran Surabaya, Jawa Timur, merancang aplikasi pencari jodoh online yang diberi nama Gather.

Liputan6.com, Jakarta - Jim Yang yang dikenal sebagai technopreneur kelahiran Surabaya, Jawa Timur, merancang aplikasi pencari jodoh online yang diberi nama Gather. Dengan aplikasi ini pengguna dapat dijodohkan dengan orang-orang yang berada di dalam lingkaran teman Facebook mereka, termasuk lingkaran tingkat kedua dan ketiga (teman dari teman).

Gather mudah digunakan, dimana cukup menggunakan akun Facebook, pengguna dapat langsung mencari calon pasangan. Mereka dapat melihat informasi singkat pengguna lainnya yang diambil dari Facebook, seperti foto profil, pekerjaan, serta kesamaan hobi dan teman.

Gather juga menyediakan analisa berdasarkan lokasi, yang mana pengguna dapat mencari pasangan berdasarkan rutinitas perjalanan mereka di Jakarta. Sebagai contoh, apabila dua pengguna Gather bertemu saat menaiki busway, keduanya bisa saling terhubung di Gather.

“Ada banyak sekali yang bisa disimpulkan dari lokasi. Sebagai contoh, apabila Anda bertemu dengan seseorang di sebuah konser atau festival, Anda sudah bisa membuat perkiraan tentang kepribadian orang itu,” jelas Jim Yang, Co-Founder dan CEO Gather.

Gather dapat di-download secara gratis dan sudah tersedia untuk platform iOS, dengan versi Androidnya segera menyusul. Aplikasi kencan online ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi ini sebenarnya diciptakan oleh dua technopreneur dari Silicon Valley, Jim Yang dan Min Gyung Kang selaku CTO. Lahir di Indonesia, Jim sudah sempat menjual perusahaan teknologi miliknya bernama Identyx kepada Red Hat pada 2008.

Semenjak itu, ia telah menjadi angel investor dan advisor di sejumlah startup di Amerika Serikat.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.