Sukses

LG Bakal Kembangkan Pabriknya di Cikarang

Perusahaan berencana mengembangkan bisnis yang ada di Indonesia dengan memproduksi beberapa komponen lainnya.

Liputan6.com, Seoul - LG Innotek, unit usaha LG Group yang memproduksi komponen telepon genggam, televisi, dan otomotif berencana mengembangkan produksi dari pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Pengembangan akan dilakukan pada tahun depan.

Manager Components Marketing and Sales Team 2 M2M, IoT, Smart Home, mifi, Gateway Automotive Components Business Unit LG Innotek, Charlie Park menjelaskan, saat ini pabrik mereka di Cikarang hanya memproduksi mobile wifi (mifi) saja. Produk tersebut dikembangkan untuk pasar Indonesia.

Salah satu operator yang menggunakan komponen atau perangkat keras mifi produksi LG Innotek adalah Smartfren. Kedua perusahaan tersebut menjalin kerja sama di tahun ini.

Charlie bercerita, perusahaan berencana untuk mengembangkan bisnis yang ada di Indonesia dengan memproduksi beberapa komponen lainnya. "Kami ingin melebarkan ke otomotive part dan Internet of Thinks (IoT)," jelasnya di kantor LG di Seoul, Korea Selatan, Selasa (6/10/2015), yang turut dihadiri tim Liputan6.com.

Komponen otomotif yang akan dikembangkan di pabrik Indonesia adalah lampu led, sensor parkir dan beberapa perangkat lainnya. Adapun untuk komponen IoT yang akan dikembangkan misalnya lampu pintar.

Charlie menambahkan, untuk mengembangkan pabrik yang ada di Indonesia tersebut, perusahaan secara bertahap akan mengirim karyawan Indonesia ke Korea Selatan untuk belajar. "Tahun depan mulai dikirim untuk mengembangkan pengetahuan," tuturnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar menarik karena jumlah penduduknya mencapai lebih dari 250 juta orang dan sebagian besar sudah melek teknologi. 

Sayangnya, Charlie belum bisa mengungkapkan berapa biaya investasi untuk mengembangkan pabrik yang ada di Cikarang tersebut.

Untuk diketahui, LG Innotek berdiri pada 1970 di Korea. Pada 1971 produk pertama yang diperkenalkan di pasar adalah tv turner. Pada 2005, LG Innotek pertama kali mengembangkan modul kamera autofokus di dunia dan dua tahun berikutnya memulai bisnis otomotif.

Di Indonesia, LG Innotek resmi berdiri pada 2000 di Bekasi, Jawa Barat dengan nama PT LGITIN. Pada 2007 mulai memproduksi tv turner dan diikuti modul wifi pada 2010.

Saat ini LG Innotek Indonesia telah memiliki 2.069 pegawai termasuk di dalamnya sebanyak 40 orang di divisi riset dan pengembangan.

(Gdn/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini