Sukses

Ketika Smartphone Bertransformasi Menjadi Robot

Sharp memperkenalkan robot yang memiliki fitur layaknya smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi asal Jepang, Sharp, dikabarkan siap meluncurkan robot kecil yang memiliki fungsi komunikasi layaknya smartphone dengan fitur-fitur lainnya termasuk menerima pesan dan panggilan.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Kamis (8/10/2015), robot yang diberi nama Robohon ini memiliki tampilan layaknya robot dengan ukuran yang kecil. Robohon yang merupakan gabungan dari kata robot dan phone, juga dilengkapi dukungan konektivitas seperti WiFi dan LTE layaknya sebuah smartphone.

Robot yang memiliki tinggi 8 inci atau sekitar 20 sentimeter ini juga telah dilengkapi layar berukuran 2 inci di bagian belakangnya serta kamera dan proyektor yang disematkan di bagian wajah Robohon.

Ukuran Robohon yang kecil membuatnya mudah untuk dikantongi (sumber : pcworld.com)

Robohon juga memiliki kemampuan untuk mengenali orang berdasarkan wajah atau suaranya, serta dapat mengerti perintah suara dari penggunanya dan memberikan umpan balik berdasarkan perintah suara tersebut.

Selain itu, Robohon juga memiliki kemampuan seperti berjalan, duduk, bangun, menari, serta mengacungkan tangannya ketika ada hal yang harus diberitakan ke pengguna, seperti alarm atau pesan masuk.

Pun demikian, Sharp masih belum mau memberikan informasi tambahan lain termasuk kemungkinan harga dan sistem operasi yang digunakan. Namun, Sharp mengungkapkan bahwa Robohon akan dirilis pada pertengahan tahun depan.

(Dam/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.