Sukses

Laptop Microsoft Perdana Surface Book akan Saingi MacBook Pro

Microsoft meluncurkan 'Surface Book', laptop dengan ukuran layar 13,5 inci. Bagaimanakah spesifikasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Di gelaran yang berlangsung di New York City, Selasa malam (6/10/2015), Microsoft meluncurkan laptop perdananya yang menyandang nama 'Surface Book'. Namun, meski ada embel-embel 'Surface', laptop tersebut sama sekali tidak terlihat seperti 'Surface' lainnya.

Surface Book dibekali layar seluas 13,5 inci, trackpad yang terbuat dari kaca, backlit keyboard, dan bodi magnesium. Keunikannya, layar Surface Book dapat dilepas. Demikian menurut pantauan Tekno Liputan6.com berdasarkan live reportage dari Tech Crunch.

Prosesor generasi teranyar dari Intel Core dan RAM GDDR5 dipadukan untuk menjadi dapur pacu laptop yang menurut Microsoft, merupakan laptop berukuran 13 inci paling cepat yang pernah ada.

Tak hanya itu, Surface Book memiliki daya tahan baterai yang mengesankan yaitu mencapai 12 jam. Dengan perangkat ini, Microsoft tidak bersaing dengan tablet iPad dan Android, melainkan dengan MacBook Pro, Lenovo dan pabrikan lainnya yang bermain di lini laptop.

Berkat GPU diskrit, Surface Book akan menjadi dua kali lebih cepat dibandingkan dengan MacBook Pro seluas 13 inci. Dalam hal ini, Microsoft mungkin membandingkan kinerja grafisnya, yang sebetulnya tidak adil jika dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci, yang jelas-jelas tidak memiliki GPU diskrit.

Akan tetapi, dengan mengusung baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam di laptop dengan layar seluas 13 inci adalah hal yang sangat layak diapresiasi.

Kemudian, seperti disebutkan di awal, layar Surface Book ini dapat dilepas. Ketebalan layarnya hanya 7,7 mm, sedangkan beratnya cuma 0,8 kg. Namun patut diperhatikan, jika pengguna ingin merasakan semua kelebihan yang ditawarkan Surface Book, maka layar tersebut perlu dipasang sebab GPU Surface Book tersemat di bagian bawah.

Dan tentu saja, layar tersebut sudah mengadopsi teknologi layar sentuh. Dengan kata lain, Suface Book merupakan laptop convertible. Bicara soal harga, Surface Book dibanderol mulai dari US$ 1.499 dan tersedia untuk pre-order mulai 6 Oktober 2015 dan akan tersedia pada 26 Oktober 2015.

Berikut ini video lengkap demonstrasi Surface Book.



(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini