Sukses

Update Terbaru WhatsApp, Bisa Backup Data ke Google Drive

Fitur terbaru ini mempermudah pengguna WhatsApp yang ingin berganti ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aplikasi chatting ternama, WhatsApp, baru saja menghadirkan fitur terbaru bagi pengguna ponsel Android.

Seperti dikutip dari laman The Next Web, Jumat (9/10/2015), fitur terbaru ini merupakan kerja sama antara WhatsApp dan Google untuk mengintegrasikan Google Drive agar dapat digunakan untuk mencadangkan (backup) data percakapan pengguna WhatsApp di Android.

Data-data yang dapat dicadangkan di fitur terbaru ini di antaranya adalah riwayat percakapan, pesan suara, foto, bahkan video. Lewat fitur terbaru ini diharapkan akan memudahkan pengguna misalnya untuk memindahkan data dari WhatsApp di ponsel lama ke ponsel baru.

Pengguna juga dapat mengatur jadwal backup pesan menggunakan Google Drive. Ada harian, mingguan, bulanan, atau sesuai keperluan pengguna, termasuk tidak sama sekali melakukan backup. Selain itu, pengguna juga dapat memilih jaringan yang digunakan untuk melakukan backup, menggunakan jaringan WiFi atau selular. 

Namun, dikarenakan fitur ini masih terus dikembangkan, maka fitur ini akan digulirkan secara bertahap. Google sendiri memperkirakan fitur ini baru akan hadir secara merata dalam beberapa bulan ke depan.

Sebenarnya, WhatsApp sendiri juga sudah memiliki kemampuan untuk mencadangkan pesan secara otomatis yang dilakukan tiap pukul 04.00 dan tersimpan di penyimpanan perangkat. Selain itu, pengguna juga dapat memulihkan pesan dalam cadangan yang mencakup pesan selama tujuh hari terakhir .

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.