Sukses

Facebook Messenger Akhirnya Mendarat di Apple Watch

Para pengguna bisa mengirim pesan singkat yang telah disediakan, lokasi, "like", stiker dan pesan suara melalui Apple Watch.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kembali memperluas kehadiran aplikasi pesan instan besutannya, Messenger. Kali ini, akhirnya Messenger tersedia di smartwatch Apple Watch.

Dilansir laman Mashable, Jumat (9/10/2015), peluncuran Messenger berbarengan dengan dirilisnya versi terbaru aplikasi tersebut di App Store. Selain itu, pembaruan yang dihadirkan juga menambahkan berbagai fitur baru khusus bagi perangkat besutan Apple yang telah mengadopsi sistem operasi anyar iOS 9.

Adapun untuk versi Watch, Facebook Messenger hanya kompatibel dengan watchOS 2. Ini adalah versi terbaru sistem operasi (OS) untuk Apple Watch.
Aplikasi Facebook Messenger hadir di Apple Watch dengan WatchOS 2 (Foto: Ist)
Karena hadir dalam layar lebih kecil, maka tidak semua fungsi Messenger bisa diakomodasi oleh Apple Watch. Salah satunya, pengguna tidak bisa memberikan respon lengkap melalui pesan balasan, namun tetap dimungkinkan untuk memilih beberapa jawaban yang telah disediakan.

Selain itu, pengguna juga bisa mengirim lokasi, like, mem-posting stiker dan merekam pesan suara dengan bantuan mikrofon yang tersedia di Apple Watch. Sedangkan dari sisi penerima, pengguna bisa melihat pesan foto, video dan suara. Kendati pengguna bisa mengirim stiker, akan tetapi stiker animasi dan gambar lainnya yang berformat GIF (gambar gerak) hanya akan tampil statis.

Ini bukan kali pertama Facebook merilis aplikasi untuk smartwatch. Sebelumnya Messenger telah lebih dulu meluncur di perangkat berbasis Android Wear pada awal tahun ini. 

(din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini