Sukses

Layanan 4G LTE Telkomsel Resmi Mengudara di Manado

Manado menjadi kota ketiga Telkomsel yang layanan 4G-nya komersial dengan menggunakan frekuensi 1.800 MHz.

Liputan6.com, Manado - Operator seluler, Telkomsel kembali memperluas jangkauan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) di Indonesia. Kali ini, anak usaha Telkom tersebut mengomersialisasikan layanan 4G di Manado, Sulawesi Utara. 

Layanan Telkomsel 4G LTE di Manado diresmikan langsung oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Andriansyah dan Walikota Manado Vicky Lumentut di Manado Town Square.

Dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Jumat (9/10/2015), komersialisasi terbaru ini menjadikan Manado sebagai kota ke-8 yang telah memiliki layanan 4G. Menyusul kota lainnya yang sudah lebih dulu beroperasi, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan Lombok.

Namun, Manado menjadi kota ketiga Telkomsel yang layanan 4G-nya komersial di frekuensi 1.800 MHz. Di frekuensi ini, kecepatan layanan 4G dapat mencapai 75 Mbps.

"Komersialisasi 4G di Manado menandai komitmen kami untuk menghadirkan teknologi terkini di wilayah Indonesia Timur. Kami memilih sebagai sasaran berikutnya karena Manado menjadi salah satu kota di Indonesia Timur yang mengalami peningkatan pada pemakaian layanan data,” ujar Ririek.

Menurut laporan Telkomsel, pemakaian layanan data di Manado naik 30 persen selama semester I, dibandingkan periode sama tahun lalu. Adapun jumlah pelanggan data di Manado saat ini berkisar 45 persen dari total pelanggan di kota tersebut.

Jumlah BTS 4G yang sudah dibangun di Manado mencapai 35 unit. Namun, secara total, Telkomsel telah membangun 1.200 BTS 4G, dengan jumlah pelanggan 4G mencapai 1,3 juta pengguna.

"Kami selalu memastikan bahwa jaringan kami telah mencakup 80 persen wilayah kota tersebut dan bukan hanya di titik-titik tertentu saja," tambah Ririek.

Untuk memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan 4G, pelanggan Telkomsel dapat menukarkan SIM card miliknya dengan USIM secara gratis tanpa mengganti nomor yang ada.

Pelanggan di Manado dapat menukarkan atau mendapat kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) yang terletak di Jalan Piere Tendean Ruko Mega Mall.

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.