Sukses

Dianggap Berbahaya, Google dan Firefox Blokir Kickass Torrents

Firefox dan Chrome cegah penggunanya akses situs Kickass Torrent karena dianggap memiliki malware.

Liputan6.com, Jakarta - Google dan Mozilla dikabarkan melakukan pemblokiran terhadap salah satu situs torrent yang paling banyak dikunjungi, Kickass Torrent. Halaman http://kat.cr atau https://kat.cr akan ditandai sebagai halaman berbahaya baik di Chrome dan Firefox, sehingga pengguna tidak disarankan untuk melanjutkan penjelajahan.

Chrome memungkinkan hal tersebut karena Google sudah melengkapinya dengan Google Safe Browsing yang melindungi pengguna Chrome dari situs-situs yang dianggap berbahaya dan berpotensi melakukan phising (pencurian data pengguna). Begitu juga dengan Firefox yang memiliki sistem serupa.

Seperti dikutip dari laman Venture Beat, Sabtu (10/10/2015), peringatan yang diberikan dua peramban tersebut memang berbeda namun keduanya sama-sama memunculkan laman peringatan sebelum melanjutkan akses ke laman tujuan. Pun demikian, pengguna masih dapat membuka laman tujuan dengan memberikan izin pada laman tersebut untuk dikunjungi, namun dengan resiko yang ditanggung sendiri.

Tampilan Chrome saat akan membuka situs Kickass Torrent

Tampilan Firefox saat akan membukan situs Kickass Torrent

Belum diketahui penyebab pemblokiran ini, namun diperkirakan ada dua penyebab. Pertama, beberapa laman Kickass Torrent memiliki malware dan kedua mungkin Google yang salah mengenali program tersebut.

Masalah seperti ini dikabarkan biasanya sering muncul ketika jaringan iklan mulai terganggu dan malahan menghadirkan iklan berbahaya. Tapi, dikarenakan situs ini biasanya menggunakan beberapa jaringan pengiklan untuk tiap daerah secara spesifik.

Maka mungkin tidak semua pengguna mengalami hal ini. Tim Kickass Torrent sendiri sebelumnya sempat mengungkapkan bahwa mereka telah menghapus iklan-iklan yang dianggap berbahaya.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.