Sukses

5 Aplikasi Terbaik untuk Berinteraksi dan Berbagi secara Anonim

Bosan dengan Facebook, Twitter dan kawan-kawannya? 5 aplikasi ini tawarkan fitur anonim untuk berinteraksi dan berbagi di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Disadari atau tidak, muncul semacam 'tekanan' sehubungan dengan pembaruan status atau foto selfie yang tepat pada waktu yang tepat, untuk mendapatkan jempol dan komentar paling banyak. Itulah sebagian alasan mengapa beberapa aplikasi media sosial bertema anonim sudah mulai menarik lebih banyak minat akhir-akhir ini.

Adakah yang lebih baik daripada berbagi sesuatu tanpa khawatir mengenai apa yang orang lain akan pikirkan tentang Anda? Jika Anda menyukai hal semacam itu, berikut ini Tekno Liputan6.com himpun 5 aplikasi terbaik untuk berinteraksi dan berbagi secara anonim dari, yang dilansir About.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Aplikasi Terbaik untuk Berinteraksi dan Berbagi secara Anonim

1. Yik Yak
Yik Yak populer di kalangan yang lebih muda, di mana mahasiswa di sekolah tinggi dan perguruan tinggi menggunakannya untuk pesan berbasis lokasi di dekatnya, dan mengeposkannya tanpa berbagi sedikit pun tentang identitas mereka. Di satu sisi, aplikasi ini memang menimbulkan kontroversi, seperti yang ditimbulkan banyak aplikasi sejenisnya.

Kendati demikian, Yik Yak merupakan salah satu yang sekarang ini bisa dibilang menjadi 'raja' dalam hal aplikasi berbagi sosial anonim. Pengguna dapat melakukan upvote atau downvote atas sebuah posting, sehingga posting terbaik muncul di bagian atas--mirip dengan Reddit. Yik Yak tersedia untuk smartphone berbasis Android dan iOS.

2. Whisper
Sebelum Yik Yak hadir, Whisper dan Secret (tidak lagi tersedia) merupakan dua aplikasi berbagi sosial anonim populer. Whisper memungkinkan penggunanya memilih dari salah satu dari banyak foto mereka dan menambahkan teks overlay tentang pengakuan atau komentar yang ingin Anda tempatkan di luar sana secara anonim. Anda bahkan dapat secara pribadi mengirim pesan ke pengguna lain, yang mana Anda ingin terhubung dengannya, sambil menjaga kerahasiaan identitas Anda (dan mereka). Jika Anda merupakan pengguna smartphone berbasis Android dan iOS, Anda dapat mencicipi Whisper.

3. FireChat
FireChat adalah salah satu aplikasi yang menarik, karena fitur anonimnya bersifat opsional. FireChat berfungsi sebagai aplikasi berbasis lokasi yang memungkinkan Anda untuk chatting dengan orang di sekitar Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak terhubung ke internet. Anda dapat mengirim pesan kepada orang-orang secara pribadi, bergabung di chatroom berdasarkan topik-topik tertentu, melihat apa masyarakat bicarakan di modus 'Everyone', dan bahkan mengirim foto langsung melalui fitur messaging. Sama halnya seperti Yik Yak dan Whisper, Firechat dapat dipasang pada smartphone yang berjalan di ekosistem Android dan iOS.

4. After School
Sebagai alternatif terhadap Yik Yak, yang populer di kalangan mahasiswa, ada juga After School yang ditujukan bagi para remaja yang usianya lebih muda dari segmen Yik Yak. Aplikasi ini memungkinkan remaja mengeposkan apa pun secara anonim pada papan pesan pribadi sekolah mereka. Karena penggunanya sangat muda, aplikasi ini mempertahankan toleransi tingkat nol untuk cyberbullying, dan menggabungkan fitur yang memungkinkan anak-anak untuk chatting dengan para ahli tentang masalah terkait sekolah atau apa pun yang mungkin menyebabkan mereka stres. iPhone

5. Kandid
Apakah Yik Yak dan After School belum cukup? Tak perlu khawatir. Masih ada ada Kandid, aplikasi berbagi anonim lainnya yang ditargetkan pada mahasiswa. Aplikasi ini agak seperti gabungan Whisper dan Yik Yak. Anda bisa mengeposkan pengakuan dengan memilih foto dan mengetik sesuatu yang akan ditampilkan di atasnya, dan Anda dapat beralih antara melihat posting dari feed pribadi sekolah atau dari seluruh kota Anda. Seperti Whisper, Kandid juga memiliki fitur pesan pribadi juga.

(why/cas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.