Sukses

3 Kata Ini Sempat Diblokir Facebook selama Sehari

Tiga kata tersebut dianggap spam filter Facebook sebagai sebuah konten spam.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Facebook mengalami fenomena aneh kemarin, Minggu (11/10/2015). Setiap kali mengetik "everyone will know", terjadi kesalahan atau error. Awalnya, kesalahan ini hanya muncul di kolom komentar. Akan tetapi, pemberitahuan tentang pemblokiran pun muncul, ketika pengguna mengetik 3 kata tersebut di status, komentar, atau pesan pribadi.

Adapun pemberitahuan yang muncul kurang lebih mengatakan, "Sistem keamanan Facebook teleh mendeteksi bahwa banyak orang mengeposkan konten yang sama, yang dapat berarti bahwa konten tersebut adalah spam. Cobalah untuk mengeposkan konten lainnya. Jika menurut Anda pesan ini adalah sebuah kesalahan, silakan beri tahu kami."



Dihimpun dari Huffington Post, Senin (12/10/2015), Melanie Ensign dari Facebook Security Communication mengatakan, "Ini adalah kesalahan pada spam filter kami dan teknisi kami telah menyelesaikan masalah tersebut."

Facebook, lanjut Ensign, terus memperbarui beberapa aturan yang digunakan oleh spam filter Facebook dan tiga kata tersebut secara keliru dianggap spam filter sebagai salah satu bentuk spam.

Sebuah thread di Reddit yang diposkan kemarin dipenuhi oleh keluhan banyak orang yang mengaku sulit menuliskan tiga kata tersebut di status, komentar dan pesan pribadi. Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, selama kasus ini terjadi, thread tersebut telah mendapat upvote sebanyak 91 persen atau mengantongi 1.383 poin.

Namun untungnya, Huffington Post telah mengonfirmasi bahwa kasus ini telah selesai, sehingga pengguna dapat kembali mengetik 3 kata tersebut.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini