Sukses

Laundroid, Robot Pelipat Pakaian Otomatis dari Jepang

Jika sebelumnya ada mesin pencuci dan pengering otomatis, Laundroid adalah robot pelipat pakaian otomatis.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa ilmuwan di Jepang dikabarkan baru saja mengembangkan sebuah robot yang dapat melakukan banyak pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, mengeringkan pakaian, melipat, bahkan meletakannya di tempat terdekat.

Mengutip informasi dari laman Tech Worm, Senin (12/10/2015), robot otomatis yang diberi nama 'Laundroid' ini diklaim sebagai robot pertama yang mampu melakukan tugas melipat pakaian.

Robot ini merupakan pengembangan hasil kerja sama dari tiga perusahaan rumah tangga terbesar di Jepang, antara lain Daiwa House, Panasonic, dan Seven Dreamers.

Menurut Seven Dreamers, meski sudah ada mesin pencuci dan pengering pakaian otomatis, banyak orang masih harus menghabiskan waktu untuk melipat pakaian karena tidak ada mesin yang dapat melakukannya.

Oleh karena itu, Seven Dreamers dan kedua perusahaan lainnya berencana untuk membuat robot yang dapat melipat pakaian. Dengan desain layaknya lemari biasa, robot ini mampu melipat sebuah kaos dalam waktu 5-10 menit.

Teknologi dasar yang digunakan dalam robot ini adalah analisis gambar dan robotik. Dengan menggunakan analisis gambar, robot dapat menentukan tipe pakaian yang diterima, kemudian mengatur proses pelipatannya.

Untuk sementara ini, robot tersebut sudah bisa digunakan untuk melipat t-shirt, kemeja, rok, celana pendek, celana panjang, dan handuk.

Panasonic juga mengungkapkan rencana untuk mulai memasarkan Laundroid pada 2018 dengan terlebih dulu melakukan beberapa perubahan, seperti ukuran yang lebih kecil serta menambah kemampuan untuk melipat pakaian.

Jepang memang dikenal sebagai negara dengan teknologi robotik yang sangat maju dan bersentuhan langsung dengan kehidupan manusia. Sebelum ini, ada robot yang diberi tugas sebagai customer service. Bahkan, dikabarkan sedang ada pengembangan robot penerjemah untuk membantu turis-turis yang berkunjung ke Jepang.

(Dam/Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini