Sukses

Cyanogen Kembangkan CyanogenMod Berbasis Marshmallow

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu Google resmi meluncurkan Android 6.0 Marshmallow untuk seri Nexus dan beberapa seri dari Android One.

Kini giliran Cyanogen yang dikenal sebagai salah satu pengembang custom ROM untuk Android, CyanogenMod, dikabarkan sedang mengembangkan versi terbaru CyanogenMod berbasis Android Marshmallow.

Seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Selasa (13/10/2015), CyanogenMod berbasis Android Marshmallow ini didukung dengan peningkatan software termasuk fitur-fitur yang telah ada di CyanogenMod.

Tim Cyanogen sendiri diinformasikan sudah mendorong kode Gerrit CyanogenMod 13 untuk publik, meskipun untuk saat ini ROM tersebut masih belum cukup siap untuk dikonsumsi publik. Namun dengan proses yang sudah dijalani sekarang ini, diperkirakan CyanogenMod Marshmallow akan dirilis untuk pengguna dalam waktu dekat.

Perlu diketahui bahwa umumnya CyanogenMod tidak akan hadir langsung dalam versi penuh, dan diawali dengan perilisan versi beta terlebih dahulu baru kemudian merilis versi yang sudah cukup stabil.

Cyanogen dikenal sebagai salah satu pengembang custom ROM yang cukup diakui. Bahkan beberapa pabrikan menggunakan sistem operasi dari Cyanogen lainnya yaitu Cyanogen OS, untuk digunakan di smartphone besutannya.

Sebelumnya, Cyanogen dikabarkan telah melakukan kerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan Cortana di Cyanogen OS.

(dam/isk)

 

Artikel Selanjutnya
Apakah Android O Juga Dirilis ke Smartphone Lawas?
Artikel Selanjutnya
OS Baru Google Ini Bakal Jadi Pengganti Android?