Sukses

Facebook Uji Coba Fitur Belanja

Facebook menguji coba beberapa fitur iklan yang memungkinkan pengguna berbelanja langsung dari aplikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam upaya untuk bergerak lebih jauh menjadi e-commerce dan bersaing dengan situs penawaran ritel Amazon.com, Senin (12/10/2015) Facebook mengumumkan bahwa mereka sedang menguji beberapa fitur iklan yang akan memungkinkan penggunanya berbelanja langsung melalui aplikasinya. Demikian Tekno Liputan6.com himpun dari Washington Post, Selasa (13/10/2015).

Hanya sedikit pengguna melakukan pembelian di ponsel karena prosesnya rumit. Akan tetapi, Facebook berharap dapat memenangkan lebih banyak iklan lainnya dengan menghaluskan proses tersebut. Jual-beli mobile hanyalah kurang dari 2 persen dari seluruh penjualan ritel, menurut perusahaan riset eMarketer.

"Kami sedang berupaya untuk memudahkan cara orang menemukan produk yang mungkin menarik bagi mereka di ponsel. Ini membuat belanja lebih mudah dan membantu meningkatkan penjualan bisnis mereka," kata Emma Rodgers, Head of Product Marketing for Commerce Facebook.

Di antara fitur-fitur baru tersebut adalah iklan yang tampil melalui produk merek tertentu tanpa mengarahkan mereka ke situs lain. Misalnya, pengguna yang mengklik iklan dari sebuah butik bisa melihat halaman yang diperluas, yang menampilkan banyak item pakaian.



Facebook juga akan dapat menampilkan produk untuk pembelian langsung di halaman mereka. Dan pengguna akan dapat membeli produk secara langsung di Facebook melalui tombol 'beli sekarang' yang akan tersedia makin luas.



Situs jejaring sosial dengan 1,5 miliar pengguna tersebut juga telah menambahkan bagian di aplikasinya yang mengarahkan pengguna langsung ke halaman belanja, di mana mereka dapat menelusuri berbagai merek dari sebuah kelompok terpilih usaha kecil yang secara bertahap akan berekspansi.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini