Sukses

Dell Caplok EMC Seharga Rp 909 Triliun

Nilai transaksi capai Rp 909 triliun, akusisi EMC oleh Dell diklaim sebagai salah satu merger dengan nilai terbesar di industri teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah santer diberitakan beberapa waktu lalu akan membeli EMC, Dell akhirnya resmi melakukan akuisisi terhadap vendor penyedia solusi komputasi awan (cloud computing), EMC.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Selasa (13/10/2015), langkah Dell mengakuisisi EMC menjadi salah satu merger terbesar di industri teknologi dengan nilai transaksi mencapai US$ 67 miliar atau sekitar Rp 909 triliun. Akusisi ini diklaim sebagai salah satu merger dengan nilai terbesar di industri teknologi. 

Kesepakatan ini dicapai setelah dua tahun Michaell Dell kembali mengubah Dell menjadi perusahaan tertutup di 2013 . Nantinya, Michael Dell akan mengontrol seluruh perusahaan dan mempertahankan kontrol mayoritas VMware yang akan tetap menjadi perusahaan publik terbatas.

Selain itu, dalam kesepakatan ini EMC juga diberi kesempatan untuk mencari tawaran lain yang lebih baik dari perusahaan pesaing lainnya. Meskipun sampai saat ini belum ada indikasi perusahaan lain yang menyatakan ketertarikannya terhadap EMC, namun Microsoft dan Cisco dikabarkan mungkin akan melakukan pendekatan jika memang ada alternatif lain yang dapat ditawarkan.

"Investasi Dell di bidang penelitian dan pengembangan, serta inovasi dilakukan bersama dengan struktur yang dikontrol secara pribadi. Sehingga nantinya dapat memberikan Dell kemampuan dengan  skala tak tertandingi, kekuatan dan fleksibilitas serta memperdalam hubungan dengan pelanggan di semua ukuran," ungkap Michael Dell.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.