Sukses

Google Bikin Waktu Loading Situs Mobile Lebih Cepat

Proyek yang bernama AMP ini diklaim mampu memuat laman situs mobile dari yang pernah ada sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali mengumumkan proyek barunya yaitu Accelerated Mobile Pages (AMP). Sesuai namanya proyek ini bertujuan untuk mempercepat waktu loading (memuat) situs mobile dari sebelumnya.

Seperti dikutip dari laman Tech Times, Kamis (13/10/2015), AMP diklaim mampu memuat laman situs lebih cepat dari biasanya. Sehingga dapat membantu para pengguna membuka laman di situs mobile di smartphone, terutama untuk membaca artikel-artikel berita.

Untuk saat ini, dikabarkan telah ada beberapa penerbit yang sudah siap bergabung dengan proyek AMP, termasuk Wall Street Journal, BuzzFeed, Washington Post, New York Times, BBC, The Guardian, Vox media dan beberapa situs lainnya.

"Situs yang ada saat ini terutama untuk penggunaan mobile, masih belum memenuhi ekspektasi pengguna. Tidak semuanya secepat seharusnya. Laman dimuat lebih lambat, bahkan terkadang tak menentu," ungkap Head of News Google, Richard Gingras.

Selain beberapa situs di atas, media sosial populer seperti Pinterest, LinkedIn, dan Twitter juga berencana untuk menerbitkan artikel di platform mobile terbaru Google tersebut.

Pun demikian, proyek ini masih dalam tahap pengembangan awal dan diharapkan dapat mulai diluncurkan tahun depan. Namun belum dapat dipastikan waktu tepatnya.

(dam/din)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini