by

Ikan Berpikir Layaknya Manusia

  • Berita
  • 0
  • 18 Jun 2009 15:43
Liputan6.com, London: Para ilmuwan di Inggris baru-baru ini menemukan satu jenis ikan kecil di sejumlah sungai kawasan Eropa yang memiliki kemampuan belajar seperti manusia. Ikan bernama nine-spined stickleback (Pungitius pungitius) ini mungkin adalah hewan pertama yang peka akan lingkungan sekitar dan mampu mengambil beberapa tindakan sesuai pengalaman yang pernah didapat.

Ilmuwan dari Universitas Durham, Inggris, Jeremy Kendal mengatakan ikan ini meski hanya mempunyai otak yang kecil namun mempunyai kemampuan luar biasa layaknya manusia. "Tapi mempunyai kemampuan kognitif yang mengagumkan," ujarnya baru-baru ini.

Ia dan beberapa kolega dari Universitas St. Andrews telah menemukan fakta bahwa 75 persen dari stickleback cukup pintar dalam menentukan lokasi yang memiliki banyak makanan dari lokasi yang pernah mereka datangi sebelumnya.

Dari laporan jurnal Behavioral Ecology, kemampuan menakjubkan ikan yang memiliki tulang belakang antara 8-12 pasang ini belum ditemukan di binatang lain.(AND/Reuters)


Comments
Sign in to post a comment