Sukses

Steve Wozniak: Inovasi Bukan Sekadar Membuat Produk Baru

Dalam industri teknologi, perusahaan-perusahaan seperti Apple, Google dan pemain lainnya "dipaksa" untuk terus berinovasi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam industri teknologi, perusahaan-perusahaan seperti Apple, Google dan pemain lainnya "dipaksa" untuk terus berinovasi. Namun bagi pendiri Apple, Steve Wozniak, inovasi bukan hanya sekadar membuat produk yang berbeda dan baru.

Hal itu disampaikan Woz -sapaan akrab Wozniak-, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, saat berbicara soal inovasi di dalam Apple dan bagaimana Steve Jobs yang juga merupakan pendiri perusahaan tersebut, melihat inovasi.

"Level inovasi di Apple sangat tinggi, tapi ada orang-orang yang berpikir inovasi sebagai kategori brand baru," tutur Wozniak.

Menurut Woz, inovasi itu sebenarnya adalah memastikan semua aspek dari sebuah produk bekerja dengan baik dan semua orang dapat memahami bagaimana menggunakannya. Jobs, katanya, sangat mengerti dengan gagasan tersebut.

"Dengan kata lain, masukkan keseimbangan dari fitur-fitur terbaik dan Anda tidak perlu menjadi kamera top di dunia, prosesor paling cepat di dunia, atau memiliki daya tahan baterai terlama. Anda hanya perlu menjadi yang terbaik di setiap kategori," ungkap Woz.

Lebih lanjut, Woz melihat kemiripan Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk, dengan sejumlah karakteristik Jobs. Ia meyoroti kreativitas Musk dan Jobs dalam berinovasi.

"Steve Jobs membuat iPhone dan memastikan bagaimana setiap detail kecil harus tepat baginya. Kemudian iPhone lahir dan menjadi sebuah transformasi yang indah. Sedangkan Elon (Musk) membuat sebuah mobil untuk dirinya, Tesla Model S, dan berhasil mengambil alih dunia," jelas inventor teknologi tersebut, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (15/10/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini