Sukses

Wow, Komputer Lawas Apple Ini Dilelang Rp 10 Miliar!

Menariknya, komputer tersebut masih berfungsi dengan sangat baik, hanya saja memiliki beberapa goresan halus di bagian motherboard

Liputan6.com, California - Komputer iMac terbaru Apple memang telah resmi diluncurkan pekan ini. Bicara soal harga, yang pasti Apple mematok harga perangkat iMac-nya sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan -- dengan kata lain sudah pasti jajaran perangkat iMac dibanderol dengan harga tinggi.

Jika dibandingkan dengan seri komputer generasi jadul Apple, pasti Anda berpikir harga yang dipatok semakin murah, namun nyatanya tidak sama sekali. Sebuah perangkat komputer generasi pertama Apple -- Apple 1, kabarnya akan dilelang dengan harga yang cukup tinggi, yakni  sebesar 500 ribu poundsterling atau sekitar Rp 10 miliar.

Komputer lawas tersebut akan dilelang pada 29 Oktober 2015 mendatang dan bisa diakses peminat secara online lewat situs rumah lelang Christie's. Menariknya, komputer tersebut masih berfungsi dengan sangat baik, hanya saja memiliki beberapa goresan halus di bagian motherboard.

Menurut informasi yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari The Register, Minggu (18/10/2015), pihak penyelenggara lelang mengatakan bahwa ketersediaan Apple 1 di dunia sangat terbatas. Bahkan sampai saat ini, komputer tersebut hanya tersedia 50 unit saja. Pada 1970-an, Steve Jobs dan Wozniak selaku pencipta komputer ini hanya memproduksi sekitar 200 unit.

Christie's termasuk salah satu rumah lelang yang kerap melelang produk-produk Apple sejak 2005 silam. Namun, pihak rumah lelang ini mengungkap bahwa mereka belum pernah melelang komputer Apple 1.

"Kami memang belum pernah melelang Apple 1. Namun kami sangat yakin bahwa komputer ini bisa dibeli dengan harga tinggi. Bahkan kami harus menurunkan teknisi yang memiliki sertifikat khusus untuk merawat komputer ini," tutur pihak Christie's.

Produksi Apple 1 dihentikan pada 1977. Spesifikasi perangkat ini antara lain memiliki CPU 6502, RAM 8kb dalam sebuah chip memori 16-pin 4K. Selain itu, terdapat kapasitor power supply, soket low-profile pada semua sirkuit yang terintegrasi dan sebuah kaset mini.

Komputer Apple 1 awalnya dirancang pada 1976 oleh salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, dan dipasarkan oleh Steve Jobs, yang juga merupakan founder Apple. Komputer ini pun diklaim sebagai bentuk “kelahiran” Jobs sebagai guru desain di dunia komputer.

(jek/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini