Sukses

[Review] Infinix Hot 2, Smartphone Android One dengan RAM 2GB

Smartphone terbaru dari Infinix ini didukung dengan hardware mumpuni dan platform Android One dari Google, bagaimana dengan performanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan teknologi asal Hongkong, Infinix, kembali memboyong smartphone terbarunya ke Indonesia yaitu Infinix Hot 2.

Dengan dukungan penuh dari Google lewat platform Android One dan banderol harga yang terjangkau, Rp 1.299.000, smartphone ini menyasar anak muda yang ingin merasakan pengalaman khas menggunakan perangkat Android. 

Lalu bagaimana dengan performanya? Berikut ini review Infinix Hot 2 dari tim Tekno Liputan6.com.


Paket Kelengkapan:

- Kabel Data
- Kepala Charger
- Earphone
- Buku Manual Penggunaan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain dan Antarmuka Pengguna

Infinix Hot 2 hadir dengan material plastik untuk keseluruhan bodinya, namun bagian belakang smartphone ini memiliki material yang sedikit berbeda, yang mana memiliki tekstur seperti material kaca.

Sisi kiri smartphone ini bersih dari tombol-tombol, sementara bagian kanan diisi dengan tombol power dan volume. Sedangkan di bagian atas, ditempatkan soket micro USB dan soket audio. Sementara untuk jack audio ditempatkan di bagian bawah smartphone.

Tampilan Infinix Hot 2 dari segala sisi (Liputan6.com/Iskandar)

Memiliki layar 5 inci dengan resolusi 720x1280 piksel, membuat Infinix Hot 2 cukup nyaman untuk digunakan menonton video ataupun bermain game. Meskipun keseluruhan dimensi bodinya cukup besar, namun Infinix Hot 2 masih nyaman untuk dioperasikan menggunakan satu tangan.

Menjalankan sistem operasi Android Lollipop versi 5.1.1, Infinix Hot 2 memiliki tampilan antarmuka khas Android tanpa modifikasi. Selain itu, dengan dukungan penuh platform Android One, maka Infinix Hot 2 dipastikan akan mendapat pembaruan sistem operasi sampai dua tahun ke depan, termasuk Android versi 6.0 atau Marshmallow.

Tampilan antarmuka Infinix Hot 2

3 dari 5 halaman

Performa dan Konektivitas

Untuk performa, Infinix Hot 2 menggunakan prosesor quad-core Mediatek 1.3 Ghz dan didukung dengan RAM 2GB. Pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, Infinix Hot 2 mendapatkan skor di kisaran 20 ribuan.

Meskipun memiliki nilai yang tidak terlalu besar, namun transisi antar layar termasuk penggunaan multitasking dapat dilakukan tanpa hambatan. Bahkan, ketika diuji coba memainkan game Marvel: Future Fight, permainan berjalan dengan lancar tanpa adanya lag.

Hasil pengukuran menggunakan AnTuTu Benchmark

Dibekali dengan baterai berukuran 2.200 mAh, Infinix Hot 2 mampu bertahan hingga kurang lebih 6 sampai 8 jam dalam penggunaan normal. Smartphone ini bisa dibilang cukup mampu untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Kelengkapan sensor dan kemampuan multi-touch

Ketiadaan sensor magnetik dan gyroscope, membuat Infinix Hot 2 tidak mendukung kemampuan pencarian arah menggunakan aplikasi kompas dan memainkan game atau aplikasi lain yang membuatuhkan sensor gyroscope, seperti Google Cardboard.

Untuk urusan gudang penyimpanan, Infinix Hot 2 memiliki kapasitas memori internal 16GB yang dapat ditambah dengan memori eksternal sampai 32GB. Selain itu, karena hanya menyematkan sedikit aplikasi lain di luar aplikasi bawaan Android, membuat sisa memori internal yang tersedia cukup banyak. 

Konektivitas

Untuk SIM Card, Infinix Hot 2 sudah memiliki dua slot SIM Card yang dapat aktif sekaligus. Hanya saja Infinix Hot 2 belum mendukung kemampuan konektifitas 4G. Dengan demikian, pengguna harus puas dengan konektivitas maksimal 3G.

Tidak hanya itu untuk melakukan akses internet Infinix Hot 2 juga sudah dibekali dengan jaringan Wi-Fi  802.11 b/g. Penggunaan jaringan Wi-Fi ini dapat menjadi alternatif untuk mengakses internet selain menggunakan jaringan seluler.

4 dari 5 halaman

Kamera

Memiliki kamera belakang dengan resolusi 8MP, Infinix Hot 2 mampu menghasilkan tangkapan gambar yang cukup baik dengan detail jelas. Dikarenakan hanya menggunakan aplikasi Google Camera, maka tidak banyak fitur yang dapat digunakan, namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sementara untuk kamera depan Infinix Hot 2 sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi 2MP dengan hasil yang dapat dikatakan standar. Untuk urusan perekaman video, Infinix Hot 2 sudah memiliki kemampuan untuk merekam video sampai kualitas HD 1080p.

Berikut kami sertakan beberapa contoh gambar hasil tangkapan kamera Infinix Hot 2:

Hasil foto Infinix Hot 2 di dalam ruangan


Hasil foto Infinix Hot 2 di luar ruangan

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 1.299.000, Infinix Hot 2 merupakan smartphone yang dapat dikatakan cukup bertenaga. Dengan RAM dan memori internal yang besar, smartphone ini dapat menunjang kebutuhan pengguna sehari-hari termasuk bermain game yang cukup berat.

Selain itu, dengan dukungan platform Android One, Infinix Hot 2 dipastikan akan mendapat pemutakhiran terbaru Android sampai dengan dua tahun ke depan.

Namun, bagi pengguna yang membutuhkan smartphone dengan kelengkapan sensor yang memadai, misalnya untuk penggunaan Google Cardboard, maka Infinix Hot 2 belum dapat memenuhi kebutuhan tersebut dikarenakan ketersediaan sensor yang terbatas.


Spesifikasi Infinix Hot 2

Layar
Ukuran:  5.00
Resolusi: 720x1280 pixels

Prosesor dan RAM
Quad Core 1.3GHz CortexTM-A7
RAM 2GB

Kapasitas Penyimpanan
Memori Internal 16 GB
Memori Eksternal (MicroSD) sampai 32 GB

Kamera
Kamera Belakang: 8-megapixel dengan LED Flash
Kamera Depan:  2-megapixel

Sistem Operasi
Android Lollipop 5.1.1

Konektifitas 
Wi-Fi 
GPS 
Bluetooth 
Headphones 3.5mm

Jaringan 
Dual SIM
SIM 1: 3G
SIM 2 : GSM

Kapasitas Baterai
2.200 mAH

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini