Sukses

Akun Email Pribadi Bos CIA Dibobol Hacker

Kelompok hacker anonim mengklaim telah membobol akun email pribadi Direktur Central Intelligence Agency (CIA) John Brennan.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok hacker anonim mengklaim telah membobol akun email pribadi Direktur Central Intelligence Agency (CIA) John Brennan. Peretas tersebut bahkan telah menyebarkan dokumen, termasuk daftar alamat email yang diduga berasal dari file kontak Brennan.

Terkait masalah ini, pihak CIA belum memberikan tanggapan secara mendetil. Lembaga intelijen Amerika Serikat tersebut hanya mengatakan bahwa pihaknya akan menyerahkan kasus ini ke pihak yang berwajib.

Salah satu hacker dari kelompok hacker anonim tersebut berbicara kepada New York Post, yang dalam berita tersebut digambarkan bahwa pelaku adalah seorang pelajar. Demikian seperti dikutip dari laman Business Insider, Selasa (20/10/2015)

Ia diduga menentang kebijakan luar negeri AS dan dukungan untuk Palestina. Akun Twitter-nya, @phphax, mem-posting link yang menurutnya adalah file yang berisi daftar kontak Brennan, log panggilan telepon Wakil Direktur CIA Avril Haines, dan dokumen penting lainnya.

Dokumen pribadi Direktur CIA John Brennan yang disebar hacker (twitter.com)

Bukan itu saja, hacker tersebut juga mengaku telah membobol rekening Comcast milik Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, serta informasi pribadinya. Salah satu dokumen yang tersebar berisi spreadsheet, termasuk pejabat intelijen senior, bersama dengan nomor jaminan sosial mereka.

Belum ada penjelasan mengapa Brennan menyimpan dokumen tersebut di akun email pribadinya. Berdasarkan dari gambar di atas, dokumen tampaknya berasal dari tahun 2009 atau sebelumnya.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini