Sukses

Xiaomi Luncurkan Televisi 4K 60 Inci Berharga Miring

Setelah mendulang sukses yang gemilang di bisnis smartphone, Xiaomi mencoba peruntungannya di bisnis televisi pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Adakah sebuah televisi 4K berukuran 60 inci kurang dengan harga kurang dari US$ 800 atau Rp 10,8 jutaan? Pertanyaan tersebut terjawab dengan kehadiran produk baru Xiaomi, yang merupakan sebuah upaya untuk menggoyang industri televisi pintar, seperti yang dilakukan Xiaomi di industri smartphone.

Xiaomi yang dikenal berkat gebrakannya menjual ponsel berkualitas dengan harga wajar dalam jumlah sangat besar secara online, mencoba menantang seberapa murah harga televisi berkualitas tinggi. Demikian diungkapkan oleh CEO Xiaomi, Lei Jun, seperti dikutip dari CNET, Kamis (22/10/2015).

Tujuannya adalah menghadirkan televisi layar besar dengan resolusi ultra high-definition 4K pada rentang harga 4.999 Yuan atau sekitar US$ 785 atau Rp 10,5 jutaan.

"Di Tiongkok, harga rata-rata untuk televisi 4K berlayar 60 inci, lebih dari dua kali lipat dari harga pada umumnya," ujar Wei menambahkan.

Selain sisi harganya yang patut dicatat, TV bernama Xiaomi MiTV ini juga memiliki pendekatan inovatif untuk pembaruan. Kebanyakan televisi pintar hadir dengan pengeras suara dan komponen elektronik yang terpasang ke dalam bingkainya. Akan tetapi, MiTV memiliki motherboard dan prosesor yang terpasang di pengeras suara yang dapat dilepas.

Artinya, semua soket televisi dapat ditemukan di pengeras suara terpisah, bukan di layar. Layar dari perangkat kemudian terhubung ke pengeras suara melalui kabel tunggal yang menggabungkan sinyal dan kabel listrik.

Pengeras suara yang dilepas berarti juga bahwa pengguna suatu hari dapat meningkatkan kemampuan MiTV miliknya tanpa harus membeli televisi baru. Ini sedikit mirip dengan Evolution Kit besutan Samsung.

Di samping itu, pengguna juga dapat membeli pengeras suara yang dapat dilepas sebagai perangkat terpisah untuk dipasangkan ke televisi yang sudah ada dengan banderol 999 Yuan atau sekitar US$ 155 atau Rp 2 jutaan.

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan teknologi Tiongkok yang saat ini sedang naik daun. Pada kuartal kedua, menurut perusahaan riset Canalys, Xiaomi telah mengalahkan Apple dan Huawei untuk menjadi vendor smartphone teratas di negeri Tirai Bambu. Dan pada kuartal ketiga, menurut TrendForce, Xiaomi menempati peringkat keempat di dunia dalam hal pengiriman smartphone.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini