Sukses

Yahoo Diam-diam Jalin Kemitraan dengan Google

Yahoo diam-diam telah menjalin kerja sama dengan Google untuk meningkatkan pendapatan dari mesin pencarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Yahoo diam-diam dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan Google di sektor mesin pencari dan iklan. Keduanya sepakat untuk menjalin kerja sama yang sudah mulai efektif per 1 Oktober 2015 hingga akhir 2018.

Informasi tentang kerja sama Yahoo dan Google ini diketahui dari laporan keuangan rutin Yahoo yang dikeluarkan kemarin.

Seperti dikutip dari laman The Verge, Rabu (21/10/2015), dalam kerja sama itu nantinya Google akan memberikan Yahoo layanan berupa pencarian iklan, pencarian algoritmik, dan pencarian gambar untuk perangkat desktop dan mobile.

Dalam kerja sama ini nantinya Google akan membayar Yahoo untuk tiap pendapatan kotor dari penelusuran iklan Google Adsense yang muncul di layanan milik Yahoo.

Untuk persentase dari pembagian hasil nantinya tergantung di mana iklan itu muncul di layanan milik Yahoo. Apakah di layanan Yahoo untuk desktop di Amerika Serikat, di layanan Yahoo desktop di luar Amerika Serikat, atau di versi ponsel atau tablet. 

Di sisi lain, Yahoo akan membayar Google untuk biaya permintaan tiap hasil pencarian gambar atau algoritma pencarian web yang disediakan.

Langkah ini diambil Yahoo untuk meningkatkan pendapatannya dari lini bisnis mesin pencari internet. Yahoo hingga kini memang belum memiliki teknologi untuk mengelola permintaan dan menyediakan iklan yang lebih memadai dibanding Google.

Sebelumnya, Yahoo juga pernah melakukan kerja sama serupa dengan Microsoft sejak 2010. Namun, kedua perusahaan tersebut memutuskan menghentikan kerja sama pada April 2015.

(Dam/Dhi)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Yahoo