Sukses

Hideo Kojima Batal Hengkang dari Konami?

Alih-alih hengkang, salah seorang juru bicara publisher game besar ini justru mengatakan bahwa Kojima sedang pergi `berlibur`.

Liputan6.com, Tokyo - Dirilisnya Metal Gear Solid V: The Phantom Pain menjadi penanda bagi Directornya -- Hideo Kojima -- akan hengkang dari Konami, publisher game yang juga membesarkan namanya sejak 1986 silam.

Kojima, yang dijuluki sebagai `Father of Metal Gear` memang telah dikabarkan akan pergi meninggalkan perusahaan publisher asal negeri Sakura tersebut sejak beberapa bulan lalu.

Bahkan, pria berkacamata ini telah merilis video bertajuk `Debriefing` seputar Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang juga menjadi video perpisahannya dengan para fans serta Konami.

Pekan ini, beredar kabar bahwa Kojima belum meninggalkan Konami. Mengutip keterangan Ubergizmo dari The New Yorker, Kamis (22/10/2015), Konami mengungkap bahwa Kojima pada saat ini belum benar-benar pergi. Alih-alih hengkang, salah seorang juru bicara publisher game ini justru mengatakan bahwa Kojima sedang pergi `berlibur`. Lantas, apa maksudnya?

Diungkap, Kojima masih menjadi karyawan tetap di daftar pegawai Konami. Konami pun menampik bahwa Kojima tidak akan hengkang, meski memang beredar rumor tak sedap soal Kojima dengan Konami dalam tiga bulan terakhir.

"Kojima tidak pergi. Hanya saja, setelah menyelesaikan game teranyarnya (Metal Gear Solid V: The Phantom Pain), ia dan tim development mengambil `cuti` yang cukup panjang. Ya, bisa dibilang berlibur," tutur juru bicara yang tidak disebutkan namanya ini.

Namun, di sisi lain, seorang jurnalis game bernama Simon Parkin meluruskan rumor tersebut. Di akun Twitter pribadinya, @SimonParkin, ia malah mencuit foto yang memperlihatkan pesta perpisahan Kojima dengan Konami pada 9 Oktober 2015. Ia mengungkapkan foto tersebut diunggah dari seorang karyawan Konami yang ikut pesta perpisahan dengan sang director game legendaris tersebut.

Bukti pesta perpisahan Kojima dengan Konami di Twitter (Doc: @SimonParkin)

Sampai saat ini, Kojima memilih bungkam terkait soal `liburannya` yang bisa saja diartikan sebagai cuti panjang, atau memang benar ia memilih tutup buku di Konami.

Pun begitu, pihak Konami menyatakan bahwa mereka akan tetap untuk mengembangkan dan mendistribusikan game dengan konten berkualitas di dalam proyek seri judul Metal Gear setelah The Phantom Pain dirilis. Bahkan, mereka juga telah berencana untuk merekrut karyawan tim inti baru yang akan mengembangkan seri Metal Gear baru tersebut.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.