Sukses

10 Aplikasi Ini Bikin Baterai Android Anda Jadi Boros

Wah, Facebook termasuk 1 dari 10 aplikasi yang paling menguras baterai smartphone Android Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah survei baru yang melibatkan 200 juta perangkat Android mengungkap aplikasi mana saja yang mengonsumsi sebagian besar sumber daya baterai, ruang penyimpanan, dan data.

Laporan baru dari perusahaan keamanan AVG, seperti dikutip dari ZD Net, Kamis (22/10/2015), mengidentifikasi beberapa 'tersangka' yang biasa menyebabkan baterai boros, seperti Facebook.

Sebelumnya Facebook diketahui telah menyebabkan masalah terkurasnya baterai untuk pengguna iPhone. Namun menurut AVG, di antara sejumlah aplikasi yang berjalan saat smartphone Android dinyalakan, yang paling menguras baterai adalah Android Firmware Updater. Aplikasi ini bertugas untuk memeriksa, mengunduh dan memasang pembaruan firmware terbaru.

Aplikasi yang rakus daya baterai lainnya adalah Samsung ChatOn, Samsung Beaming Service, Samsung Security Policy Updater, dan Google Play Services. Menyusul kelima aplikasi tersebut, Facebook, WhatsApp, Candy Camera for Selfies, Lookout Security, dan Weather & Clock Widget Android, juga termasuk ke dalam aplikasi yang menguras daya baterai dengan cepat.

AVG tidak memiliki penjelasan mengapa Android Firmware Updater begitu haus daya baterai. Namun salah satu metode untuk memperbaikinya adalah memasang pembaruan, ketika pembaruan sudah tersedia atau mematikan pemeriksaan, firmware secara otomatis dan memperbaruinya secara manual.

(Why/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini