Sukses

Penampakan Hujan Meteor Orionid Bakal Hiasi Langit Malam Ini

Sayangnya, penampakan ini tidak akan bisa dinimati secara langsung oleh semua orang di Bumi.

Liputan6.com, London - Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Oktober menjadi bulan paling fenomenal di dunia astronomi. Setidaknya terdapat sepuluh penampakan cantik yang bisa diamati banyak orang dilangit pada bulan ini, itu pun jika beruntung dilihat pada waktu yang sesuai.

Salah satu penampakan yang paling ditunggu banyak orang di dunia adalah hujan meteor Orionid. Diungkap, penampakan hujan meteor tersebut akan terjadi di kisaran tanggal 20-25 Oktober 2015.

Namun, mengutip keterangan yang dilaporkan laman Mirror, penampakan ini tidak akan bisa dinikmati secara langsung oleh semua orang di Bumi. Diungkap, penampakan meteor Orionid akan tampak secara jelas di sebagian wilayah Inggris, Eropa Utara - Timur, dan Amerika Utara. Penampakan paling jelas akan muncul pada malam ini, Kamis (22/10/2015).

Para ilmuwan NASA mengungkap bahwa dalam periode hujan meteor yang akan terjadi hari ini, orang-orang bisa melihat sekitar 15-30 meteor setiap jamnya. Bahkan, orang-orang awam tidak perlu menggunakan bantuan teleskop untuk melihat indahnya meteor berjatuhan di gelapnya langit angkasa pada malam nanti.

Secara ilmiah, Orionid terjadi di konstelasi Orion. Meskipun tidak sebesar meteor Perseid, meteor ini memiliki silsilah yang cukup impresif. Bicara soal asal muasal Orionid, meteor ini sebetulnya merupakan puing-puing antariksa komet Halley yang terbentuk dan dibakar di atmosfer. Puing tersebut membentuk batu-batu bercahaya yang terbang melintasi antariksa.

Menariknya, bagi Anda yang tidak dapat melihat secara langsung penampakan meteor Orionid, NASA telah mempersiapkan program livestreaming yang diambil dari teleskop Marshall Space Flight Center langsung agar Anda dapat melihat seperti apa penampakan meteor Orionoid. Kemungkinan, hujan meteor akan terjadi pukul 23.30 waktu setempat.

(Jek/Dew)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.