Sukses

'Facebook di Indonesia seperti Lapak Jualan Online`

Media sosial seperti Facebook dan Twitter, tidak lagi digunakan untuk sekadar berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga atau kolega.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial seperti Facebook dan Twitter tidak lagi digunakan untuk sekadar berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga atau kolega. Kegiatan lain yang tengah marak saat ini, setidaknya di Indonesia, adalah berjualan di media sosial.

Fenomena perdagangan online (e-commerce) di Facebook itu diakui oleh seorang eksekutif produk Facebook, Chris Cox. Menurutnya, Facebook bagi orang-orang di Indonesia seperti 'tempat' untuk membeli dan menjual barang.

Cox dalam konferensi WSJDLive Wall Street Journal, menjelaskan bahwa banyak orang di Indonesia menggunakan salah satu fitur di dalam Facebook, yaitu Groups, untuk menjual barang. Barang yang dijual pun beragam, termasuk pakaian bayi hingga suku cadang otomotif.

Perdagangan dari orang ke orang semacam itu, kata Cox, sebenarnya tidak pernah menjadi tujuan Facebook. Namun melihat hal tersebut terjadi, Facebook pun mencoba untuk mempermudahnya.

"Ketika kami melihat hal seperti itu muncul, maka kami harus bisa melakukan yang lebih baik lagi," jelas Cox, seperti dilansir Business Insider, Kamis (22/10/2015).

Menurut pandangannya, kegiatan jual-beli antar pengguna Facebook merupakan salah satu hal yang paling menarik dalam layanan tersebut.

"Yang terjadi di Indonesia ini adalah perilaku paling menarik yang terjadi di dalam perdagangan di Facebook. Orang-orang benar-benar terhubung untuk saling bertukar berbagai hal," ungkap Cox.

(Din/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini