Sukses

4 Cara Mudah Bikin Film dengan Smartphone

Berikut kami berikan langkah-langkah untuk mulai membuat film dengan modal smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kamera smartphone sekarang ini ternyata tidak hanya mendukung pengambilan gambar yang lebih baik, tetapi juga video. Bahkan tak jarang beberapa pabrikan menghadirkan kemampuan perekaman video yang tidak kalah dengan kamera profesional.

Kehadiran kamera smartphone dengan kualitas HD ternyata mendorong sebagian orang untuk mulai menggunakannya untuk kebutuhan khusus, salah satunya membuat film.

Dengan menggunakan smartphone, biaya produksi diharapkan dapat lebih terjangkau. Selain itu, dengan smartphone pengguna dapat melakukan semua proses pembuatan film, mulai dari perekaman sampai editing.  

Oleh karena itu, berikut kami berikan empat langkah mudah bagi Anda yang tertarik untuk membuat film dengan smartphone, seperti dikutip dari laman Tech Radar, Selasa (27/10/2015):

1. Pilih Smartphone

Untuk merekam sebuah video dengan kualitas bagus tentu yang pertama kali diperhatikan adalah smartphone yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan smartphone yang memiliki kualitas video kamera yang baik.

Sebagai langkah awal, Anda bisa pakai smartphone dengan kamera yang memiliki kemampuan merekam video HD. Beberapa contoh smartphone yang dapat digunakan adalah iPhone 6 atau iPhone 6 Plus, Samsung Galaxy S6 atau LG G4.

Sebagai gambaran Samsung Galaxy S6 dapat merekam video 1080p dengan 60fps atau video 2160p dengan 30fps. Smartphone yang disebutkan sebelumnya hanya merupakan contoh. Sehingga, tidak tertutup kemungkinan bagi Anda yang memiliki kamera smartphone dengan kemampuan tersebut dapat mulai membuat film sendiri.

2. Aksesori Tambahan

Layaknya membuat film dengan kamera profesional, membuat film dengan kamera smartphone juga perlu didukung oleh beberapa aksesori tambahan. Beberapa aksesoris yang biasanya diperlukan untuk mendukung pembuat film di antaranya adalah lensa, tripod, serta mikrofon.

Semuanya digunakan untuk mendukung hasil film yang lebih bagus dan mendapatkan kualitas video lebih baik. Beberapa rekemendasi untuk aksesoris perekam suara, salah satunya iRig PRE. Aksesoris ini berguna untuk menghubungkan mikrofon langsung ke smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak khawatir mengenai sinkronisasi dengan audio hasil rekaman eksternal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Edit Film Langsung dari Smartphone

Setelah semua proses perekaman selesai, hal terakhir yang biasanya dilakukan adalah mengedit video hasil perekaman. Kebanyakan proses video editing menggunakan software yang ada di PC atau laptop.

Namun, bagi Anda yang tidak mau repot-repot memindahkan video hasil perekaman ke laptop atau PC dapat langsung mengeditnya melalui smartphone. Sebab saat ini, sudah banyak aplikasi video editing yang memiliki fitur lengkap layaknya software di PC atau laptop.

Sebagai contoh, pengguna iOS dapat menggunakan aplikasi Pinnacle Studio untuk melakukan penggabungan video, menambahkan efek, termasuk menambahkan soundtrack.

Sementara itu pengguna Android dapat menggunakan aplikasi VidTrim Pro dengan fitur-fitur yang serupa. VidTrim juga memiliki versi unduhan gratis, sehingga memudahkan Anda untuk mencoba aplikasi ini terlebih dahulu.

4. Terus Berlatih 

Meskipun terdengar klise, istilah practice makes perfect juga berlaku untuk membuat film dengan smartphone. Sebab, sangat tidak mungkin untuk menjadi seorang ahli dalam satu kali percobaan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk membuat film dengan smartphone harus terus berlatih dan membiasakan diri.

Salah satu saran penting untuk membuat film dengan smartphone adalah sesuaikan cerita dengan perlengkapan dan peralatan yang dimiliki. Mulailah dengan menulis storyboard singkat dan daftar adegan yang harus dilakukan serta elemen produksi yang minimal.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.