Sukses

5 Aplikasi Kamera Android Ala Fotografer Pro

Berikut 5 aplikasi kamera Android dengan hasil jepretan ala fotografer profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun yang dikelilingi kamera di sekitarnya harus akrab dengan file gambar berformat RAW. Sederhananya, file tersebut berisi data visual murni dan terkompresi yang ditangkap oleh sensor kamera.

File ini merupakan data yang digunakan prosesor gambar kamera untuk menghasilkan file JPEG, yang kemudian kita lihat dan unggah di internet. Seorang fotografer profesional biasanya menggunakan file ini untuk membuat sebagian besar gambar mereka.

Jika memang demikian, kenapa kita semua tidak mengambil foto RAW dengan smartphone kita, bukannya malah mengambil foto JPEG? Karena file RAW memakan banyak ruang, selain karena kebanyakan aplikasi tidak dapat menafsirkan data visual yang dikandungnya, dan JPEG memang terlihat sudah cukup baik.

Tetapi pada saat yang sama, versi terbaru dari Android memiliki kemampuan teknis untuk menyimpan gambar `mentah`, dan makin banyak ponsel Android memiliki fitur yang ditanam di aplikasi kameranya. Secara alamiah, fitur tersebut menyimpan foto sebagai file DNG --format populer untuk gambar `mentah`-- yang hadir dengan Android 5.0 Lollipop dan Camera2 API.

Sayangnya, tidak semua ponsel Android yang berjalan Lollipop dan di atasnya memiliki aplikasi kamera dengan kemampuan baku. Itu sebabnya, hadir beberapa aplikasi kamera Android pihak ketiga yang memungkinkan Anda mengambil gambar RAW, setidaknya pada ponsel yang telah dibekali Camera2 API sepenuhnya.

Berikut INI 5 aplikasi kamera Android tersebut, yang Tekno Liputan6.com himpun dari Phone Arena, Kamis (29/10/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. Manual Camera

Seperti namanya, Manual Camera bertujuan untuk memberikan akses ke kontrol kamera manual secara utuh. Pada perangkat yang kompatibel, Anda diperbolehkan untuk mengontrol fokus, white balance, shutter speed, ISO, dan pengaturan kompensasi eksposur.

Aplikasi ini dapat mengontrol setiap parameter secara otomatis. Dengan melakukan tap pada salah satu parameternya, Anda dapat mengunci nilai parameter tersebut, yang memungkinkan Anda untuk mengubahnya sesuai keinginan Anda.

Pastikan Anda mengecek apakah perangkat Anda kompatibel atau tidak sebelum membeli aplikasi seharga US$ 2,99 ini. Aplikasi ini akan menunjukkan banyak fitur unik, termasuk mengambil foto dalam format RAW, yang didukung pada perangkat Anda.

2. Camera FV-5

Ini adalah aplikasi kamera berkemampuan RAW lainnya yang sangat berfokus pada manual, dengan kontrol seperti DSLR. Di samping itu, Anda bebas mengontrol fokus, white balance, shutter speed, ISO, dan kompensasi eksposur. Bahkan, ada beberapa modus berguna yang Anda dapat Anda pilih, ditambah Anda self timer, exposure bracketing, panduan, histogram.

Untuk membuat bidikan yang lebih nyaman, aplikasi ini memungkinkan Anda mengubah pengaturan kamera dari tombol volume perangkat Anda yang cukup rapi. Uniknya, Camera FV-5 terdiri dari dua versi, Camera FV-5 yang dibanderol seharga $ 3,95 dan Camera FV-5 Lite gratis tanpa kemampuan RAW.

3 dari 3 halaman

AZ Camera

3. AZ Camera

Sepintas, AZ Camera tampak sangat mirip dengan dua aplikasi sebelumnya. Dengan AZ Camera, Anda memiliki kontrol manual atas pengaturan kamera Anda. Yang membuat AZ Camera berbeda adalah bahwa aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma!

Tentu, beberapa fitur lainnya mengharuskan Anda merogoh kocek, tapi pilihan RAW tersedia langsung secara gratis. Namun, mendonasikan uang kepada para pengembang akan memberikan Anda akses ke perekaman video terbatas (juga dengan kontrol manual), exposure bracketing, live histogram dan banyak lagi.

4. A Better Camera

A Better Camera memiliki banyak modus dan pengaturan untuk membantu Anda mengambil foto lebih baik, seperti namanya. Dan saat ini, versi utuh dari A Better Camera sudah dijual dengan banderol US$3.99. Namun kabar buruknya, format RAW hanya didukung pada sejumlah perangkat.

Di samping foto berformat RAW, A Better Camera menawarkan beberapa fitur berguna, termasuk Pre-shot, HDR +, Modus Malam, panorama resolusi tinggi, penghapusan objek, dan banyak lagi. Bagi Anda yang ingin sekadar menjajalnya, Anda dapat mencoba A Better Camera versi gratis, dengan sejumlah pembatasan fitur tentunya.

5. Mi2raw Camera

Dan terakhir adalah Mi2raw Camera. Aplikasi ini mengambil foto berformat RAW, tetapi hanya bekerja pada segelintir smartphone, antara lai nXiaomi Mi2, Mi3, LG G2, dan OnePlus One. Jika ponsel Anda tidak didukung, aplikasi gratisan ini bahkan tidak akan bisa berjalan.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini