Sukses

Rilis Game Mobile Perdana Nintendo Diundur Sampai 2016

Sempat diisukan rilis pekan depan, Nintendo menegaskan bahwa game terbarunya, Miitomo, akan dirilis pada Maret 2016.

Liputan6.com, Kyoto - Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, Nintendo dikabarkan akan mengadakan pertemuan dengan para investor dalam waktu dekat. Namun, Nintendo rupanya telah mengadakan pertemuan tertutup dengan sejumlah investor pada hari ini, Kamis (29/10/2015) untuk membahas beberapa strategi terbaru serta update apa saja yang akan dilakukan raksasa game Jepang tersebut di masa depan.

Di pertemuan yang bertajuk "Earnings Call" ini Nintendo akhirnya secara resmi mengumumkan game mobile perdananya yang merupakan hasil kerja sama dengan developer DeNa yang berjudul Miitomo.

Meski sempat diisukan akan merilis game mobile pertamanya pada pekan depan, hal tersebut ditampik Nintendo. Untuk kali ini Nintendo hanya akan memperkenalkan seperti apa Miitomo itu. Soal rilis, peluncuran game tersebut diundur hingga Maret 2016 mendatang.

Mengutip laman IGN dari The Wall Street Journal, Nintendo mengungkap bahwa Miitomo akan menjadi game free to play, tetapi tetap menghadirkan In-App Purchases.

Miitomo (Doc: Kotaku)

"Kami sengaja menghadirkan game ini secara cuma-cuma. Kami ingin semua gamer mobile merasakan pengalaman bermain game Nintendo di perangkat mobile untuk pertama kalinya," tutur President Nintendo, Tatsumi Kimishima, yang baru-baru ini menggantikan posisi mendiang Satoru Iwata yang meninggal dunia pada Juni 2015.

Baca Juga:

Shinya Takahashi, Executive Nintendo, menjelaskan bahwa secara konsep gameplay Miitomo mengusung social life discovery. "Di game ini, gamer bisa merancang karakter avatar-nya sendiri yang disebut Mii. Nanti Mii bisa berkomunikasi dengan para Mii lainnya dan bisa melakukan banyak hal. Para gamer akan menemukan cara untuk berbagi banyak hal mengenai dirinya sendiri lewat game ini," katanya.

Nintendo pun sempat merilis beberapa screenshot resmi Miitomo. Namun, sebagian besar para gamer menanggapi game tersebut memiliki kesamaan dari sisi desain dan gameplay dengan salah satu game Nintendo yang berjudul "Tomodachi Life" yang sempat dirilis di Nintendo 3DS pada April 2013.

Miitomo merupakan game pertama Nintendo yang merupakan hasil kerja sama dengan DeNa. Pada Maret, Nintendo telah mengumumkan kerja samanya dengan developer game mobile populer tersebut. Namun, proses pengembangan game ini diungkap berada di dalam kuasa penuh Nintendo. Menurut kabar yang beredar, kerja sama dua perusahaan game tersebut akan menelurkan setidaknya lima judul game mobile sampai Maret 2017 mendatang.

(jek/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini