Sukses

Waspada, Fitur Pencarian Facebook Bisa Bocorkan Rahasia Pribadi

Beberapa posting yang mungkin saja Anda tidak ingin bagi ke publik menjadi dapat ditemukan melalui Search FYI.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja meluncurkan sebuah fitur pencarian anyar yang memudahkan pengguna untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Layanan ini disebut Search FYI.

Tom Stocky, Vice President Search di Facebook, mengatakan dalam sebuah posting, "Ketika sesuatu hal terjadi di dunia, orang-orang biasanya berpaling ke Facebook untuk melihat reaksi dari teman-teman dan keluarga mereka. Kami memperbarui Facebook Search sehingga selain dari teman dan keluarga, Anda dapat mengetahui apa yang orang lain kemukakan mengenai topik yang Anda anggap penting."

Secara teori memang benar, namun seperti yang sering terjadi dengan kemajuan teknologi Facebook - ada kemungkinan beberapa implikasi negatif. Demikian menurut keterangan resmi Kaspersky Lab, Jumat (30/10/2015).

Serupa dengan mesin pencari Google, Facebook Search FYI mengurutkan setiap posting supaya memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian. Yang menjadi kekhawatiran adalah bahwa setiap posting yang diunggah sebagai public dapat dicari dan ditemukan oleh seluruh pengguna Facebook.

Bagi orang-orang yang telah menjadi pengguna sejak dari awal mula Facebook berdiri, ini berarti bahwa ada beberapa posting yang mungkin saja Anda tidak ingin bagi ke publik menjadi dapat ditemukan melalui Search FYI.

Tim Kaspersky Lab menyarankan Anda untuk melakukan pembatasan pada pengaturan privasi. Ini berarti pengguna hanya akan berhubungan dengan orang-orang yang dikenal saja dan membatasi jangkauan bagi orang-orang tertentu yang dapat melihat posting-an Anda.

(Isk/Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.