Sukses

Penjualan Smartphone Samsung Pecundangi Apple

Samsung memimpin penjualan smartphone secara global pada kuartal ketiga dengan angka 83,8 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung, menurut laporan perusahaan riset Strategy Analytics, yang dikutip dari Phone Arena, Jumat (30/10/2015), menjual 83,8 juta smartphone pada kuartal ketiga. Angka itu hampir dua kali lipat dari penjualan iPhone yang hanya 48,4 juta selama periode yang sama.

Dalam hal pangsa pasar, dari Juli hingga September, Samsung memiliki 23,7 persen pangsa pasar dari pasar global dibandingkan dengan Apple yang membukukan angka 13,6 persen saja.

Secara keseluruhan, pasar smartphone global tumbuh 9,5 persen dari tahun ke tahun, yang mana 354,2 juta ponsel terjual pada periode tersebut.

Untuk Samsung, angka penjualan kuartal ketiganya mewakili kenaikan 6 persen dari jumlah smartphone yang meningkat selama kuartal kedua tahun ini. Kemudian untuk Apple, 48,4 juta iPhone yang terjual merupakan perbaikan 'sehat' sebesar 36 persen dari kuartal yang sama di tahun lalu.

Masih menurut laporan Strategy Analytics, penjualan Samsung didominasi oleh model mid-range, seperti Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy J5.

Berikutnya adalah Huawei, yang mencapai angka 7,5 persen dari pasar smartphone global. Pabrikan asal Tiongkok itu menjual 26,7 juta unit selama periode tiga bulan dan membuatnya duduk di tempat ketiga.

Kemudian dengan pangsa pasar 5,3 persen dari pasar smartphone di seluruh dunia, Lenovo berada di urutan keempat. Perusahaan tersebut menjual sampai 18,8 juta handset dari bulan Juli sampai September. Dengan angka itu, Lenovo menjual satu juta unit lebih banyak selama kuartal tersebut daripada yang dicapai Xiaomi, yang menduduki urutan kelima dengan pangsa pasar 5 persen di pasar smartphone global pada kuartal sama.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini