Sukses

Pasar Tablet Lesu, Pengapalan Merosot 12,6 Persen

Menurut data IDC, pengapalan tablet pada kuartal III (Q3) 2015 turun 12,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut perusahaan riset International Data Corporation (IDC), pengapalan tablet pada kuartal III (Q3) 2015 turun 12,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Total pengapalan tablet pada Q3 2015 mencapai 48,7 juta unit.

Dari lima besar vendor tablet, tiga di antaranya mengalami penurunan pangsa pasar yaitu Apple turun 19,7 persen, Samsung 17,1 persen dan Asus 43,4 persen. Sedangkan Lenovo yang berada di posisi tiga stagnan dengan 0,9 persen pangsa pasar, kemudian Huawei di posisi lima mengalami kenaikan sebesar 147,9 persen. 

Menurut Program Director Worldwide Quarterly Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith, penurunan pengapalan tablet pada kuartal III ini berkorelasi dengan pertumbuhan pasar smartphone.
Menurut data IDC, pengapalan tablet pada kuartal III (Q3) 2015 turun 12,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (Foto: Ist)
"Pengguna smartphone yang terus tumbuh dan perangkat kian besar dan lebih mumpuni, membuat kebutuhan untuk tablet berukuran kecil menjadi kurang jelas. Dengan perlambatan jumlah pengapalan selama empat kuartal berturut-turut, pasar tampaknya berada dalam masa transisi," jelas Reith, seperti dilansir Phone Arena, Sabtu (31/10/2015).

Tidak seperti smartphone, siklus upgrade produk yang cukup lama merupakan bagian dari masalah yang dihadapi industri tablet. Menurut Reith, rata-rata pemilik tablet menggunakan perangkat tersebut selama lebih dari empat tahun.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini