Sukses

Radio Antisadap Karya Anak Bangsa Menggebrak Bangkok

Teknologi ini merupakan teknologi antisadap yang digunakan untuk perangkat komunikasi radio atau HT.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu teknologi dari Indoguardika Cipta Kreasi (ICK) yang dipamerkan di gelaran Defence and Security Bangkok, 2-5 November 2015, adalah chip modular bernama Radio Guard (radio komunikasi antisadap) yang bisa digunakan di handie talkie (HT).

“Teknologi ini merupakan teknologi antisadap yang digunakan untuk perangkat komunikasi radio atau HT,” ujar Sujoko, Research and Production Director ICK, ketika ditemui di sela-sela media briefing ICK di Jakarta.

Menurutnya, dengan menggunakan chip modular ini maka percakapan yang dilakukan dengan HT tidak akan dapat di-intercept oleh pihak lain kendati berada di frekuensi yang sama.

“Dengan mengaktifkan fitur secure, nantinya pihak yang ingin mencuri dengar komunikasi pihak lain maka hanya akan mendengar noise sehingga tidak bisa mendengarkan utuh komunikasi yang terjadi,” tambah Sujoko.

Kendati saat ini masih dalam tahap purwarupa, namun Sujoko berharap nantinya chip modular ini dapat diproduksi secara massal.

“Saat persiapan sudah siap dan dapat diproduksi secara massal, maka tidak menutup kemungkinan proses produksinya dilakukan di Indonesia karena untuk sekarang proses perakitan masih dilakukan di Inggris,” ungkap Soejoko.

Chip modular ini diharapkan dapat digunakan untuk komunikasi yang dilakukan aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian,” tutup Sujoko.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini