Sukses

Resmi Diluncurkan, 4G-LTE Telkomsel di Batam Tembus 47 Mbps

Demi menyuguhkan pengalaman terbaik kepada para pelanggannya di Batam untuk menikmati jaringan 4G-LTE, Telkomsel membangun 90 BTS 4G-LTE

Liputan6.com, Batam - Kepulauan Riau Di sela-sela peluncuran 4G-LTE Telkomsel di Batam, Minggu (8/11/2015), Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kecepatan layanan komunikasi terkini itu. Perlu diketahui, Batam adalah kota ke-9, setelah Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok dan Manado, yang mendukung layanan 4G-LTE Telkomsel.

Kemudian secara nasional, Telkomsel sudah memiliki lebih dari 1300 BTS 4G-LTE dan mengantongi 1,7 juta pelanggan, sehingga pelanggan 4G-LTE Telkomsel adalah komunitas 4G-LTE terbesar di Indonesia. Selain itu, Batam merupakan kota keempat, di mana layanan Tekomsel 4G-LTE pada frekuensi 1800 MHz secara komersial menggunakan pita selebar 10 MHz, yang kecepatannya bisa mencapai 75 Mbps, digelar.

Melalui tiga kali pengujian di aplikasi Speedtest, Tekno Liputan6.com mencatat, kecepatan 4G-LTE Telkomsel di Batam mencapai 41.54, 47.17, dan 40,04 Mbps untuk download, serta 18.31, 18.12, dan 18.26 Mbps untuk upload.

Hasil pengujian kecepatan 4G Telkomsel di Batam (liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat)

Dikutip dari laman NBN, Minggu (8/11/2015), kecepatan koneksi yang diperlukan untuk mengakses video berdefinisi standar (standar definition) adalah 3 Mbps, kemudian 5 Mbps untuk video berdefinisi tinggi (high definition), dan 25 Mbps untuk video berdefinisi ultratinggi. Maka, kecepatan yang menembus angka 47.17 Mbps sangat lebih dari cukup untuk mengakses konten video berdefinisi ultratinggi atau konten lainnya yang memerlukan koneksi cepat.

Dari segi infrastruktur telekomunikasi, demi menyuguhkan pengalaman terbaik kepada para pelanggannya di Batam untuk menikmati jaringan 4G-LTE, Telkomsel membangun 90 eNode B (BTS 4G-LTE). Ke-90 BTS tersebut mampu menjangkau sebagian besar wilayah kota Batam, termasuk lokasi-lokasi strategis, di antaranya Nagoya, Batam Centre dan Bandara Hang Nadim, Pusat Bisnis Jodoh, Harbour Bay, Lucky Plaza dan di sekitar wilayah pemukiman dan lingkungan perkantoran di Batam.

Direktur utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan, "Ketika kami menghadirkan 4G-LTE Telkomsel ke sebuah kota, termasuk Batam, kami menghadirkannya betul-betul dengan kesiapan. Artinya, layanan kami ini sudah tersedia di sebagian besar wilayah di kota tersebut."

Pada peluncuran ini, Telkomsel juga menggelar pameran 4G-LTE di Alun–alun Engku Putri, Batam. Di sini, para pengunjung dapat secara langsung merasakan digital experience dari layanan-layanan digital yang ditawarkan Telkomsel, antara lain TCASH, LangitMusik, Moovigo dan UDoctor.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.