Sukses

BTS Baru Telkomsel Tampil Lebih 'Ramping'

Telkomsel dan Ericsson bekerja sama untuk mengembangkan perangkat BTS yang bentuknya lebih ramping.

Liputan6.com, Batam - Mendengar kata BTS, maka persepsi yang muncul di masyarakat kemungkinan besar sebuah menara telekomunikasi yang menjulang tinggi.

Padahal, BTS atau Base Transceiver Station adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. BTS memang kebanyakan ditempatkan pada menara telekomunikasi.

Bicara soal BTS, pada peluncuran jaringan 4G-LTE di Batam, Minggu (8/11/2015) kemarin, ada satu hal yang menarik perhatian tim Tekno Liputan6.com, yakni BTS terbaru Telkomsel.

BTS yang merupakan kerja sama Telkomsel dengan Ericsson tersebut berbentuk lebih 'ramping' dan tak seperti kebanyakan bentuk BTS. Tak hanya itu, BTS itu juga bisa ditempatkan di area indoor.

"BTS terbaru kami ini nanti akan ditempatkan di wilayah perkotaan, di tempat-tempat keramaian seperti mal misalnya," kata Mas'ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel saat ditemui usai peluncuran 4G-LTE Telkomsel di Batam.

Sayangnya, saat itu tim Tekno Liputan6.com belum mendapat detail informasi yang lebih terperinci sebab BTS itu masih dalam prose. "Itu baru prototipe. Nanti dikasih tahu lagi lah ya," tutup Mas'ud.

Hingga September 2015, anak usaha Telkom ini telah memiliki 100.382 unit BTS, yang mana 52.255 unit merupakan BTS berteknologi 3G dan 4G. Total pelanggan Telkomsel juga tercatat telah mencapai 145 juta pengguna.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini