Sukses

Serangan Kian Canggih, Solusi Ini Proteksi 3 'Lokasi' Sekaligus

Sistem keamanan dari Symantec ini melingkupi beberapa kontrol poin sekaligus, mulai dari endpoints, jaringan, dan email.

Liputan6.com, Jakarta - Ancaman keamanan yang menyerang perusahaan dalam beberapa tahun terakhir diakui memang semakin meningkat. Terlebih serangan itu tak ditujukan untuk satu kontrol poin, namun ke beberapa kontrol poin sekaligus.

Maka itu, tidak jarang perusahaan memasang beberapa sistem keamanan. Namun, kendala yang muncul adalah semakin canggih ancaman dan banyaknya sistem keamanan yang digunakan, membuat ancaman tersebut susah dilacak serta membutuhkan waktu lebih lama untuk mengatasinya.

Untuk itu, Symantec sebagai salah satu perusahaan keamanan siber memperkenalkan sistem keamanan terbaru yang disebut Symantec Advanced Threat Protection (ATP). Sebuah sistem keamanan yang dapat mengatasi masalah dari tiga titik kontrol sekaligus mulai dari endpoints (perangkat), jaringan, dan email.

"Dengan ancaman serangan siber saat ini yang semakin canggih, upaya untuk mendeteksi suatu ancaman pun akan semakin sulit. Terlebih saat pencegahan di beberapa titik kontrol dilakukan sendiri-sendiri, waktu yang dibutuhkan pun akan semakin lama,” ungkap Halim Santoso, Regional SE Director, Symantec ASEAN, saat acara media briefing, Senin (9/11/2015).

Pada sistem Advanced Threat Protection, nantinya aktivitas yang dianggap mencurigakan di seluruh titik kontrol akan dikenali terlebih dahulu. Setelah itu sistem akan memprioritaskan ancaman mana yang paling berbahaya lalu segera diamankan dan dapat diblokir.

Waktu yang diperlukan Advanced Threat Protection ini pun disebut lebih cepat ketimbang melakukannya secara manual sekaligus di beberapa titik kontrol.

Untuk mendukung sistem keamanan ini, Symantec telah melengkapi ATP dengan sistem yang disebut Synapse untuk menghubungkan beberapa titik kontrol. Serta, Cynic mesin pengenal ancaman yang berbasis cloud.

Symantec Advanced Threat Protection sendiri akan tersedia sebelum akhir 2015. Kendati sistem ini didesain untuk menutup beberapa sekaligus, Symantec memberi keluasaaan bagi pengguna untuk memilih titik kontrol yang ingin diamankan.

Untuk satu titik kontrol, Symantec membanderol ATP dengan harga US$ 35 per pengguna selama satu tahun. Dua titik kontrol dihargai dengan US$ 55 per pengguna selama satu tahun. Dan untuk tiga kontrol sekaligus biaya yang harus dikeluarkan adalah US$ 65 untuk satu pengguna selama satu tahun.

"Pada dasarnya, ATP dapat digunakan untuk beberapa titik kontrol sesuai kebutuhan pengguna, namun memang lebih baik jika sistem ini digunakan bersama karena akan terintegrasi penuh untuk dukung keamanan pengguna," tutup Halim.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.