Sukses

Facebook Uji Coba `Sihir` Baru, Photo Magic

Facebook tengah menguji sebuah fitur baru bernama Photo Magic, yang menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mempermudah berbagi foto.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kembali menyiapkan sebuah fitur baru. Kali ini, raksasa media sosial itu tengah menguji sebuah fitur bernama Photo Magic, yang menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mempermudah berbagi foto.

Dilansir Mashable, Rabu (11/11/2015), Photo Magic akan menjadi fitur baru untuk aplikasi pesan Facebook, Messenger. Berbekal teknologi pengenal wajah, Photo Magic diklaim mampu mempermudah pengguna membagikan foto yang baru saja dipotret kepada teman-temannya.

Pengujian fitur tersebut akan mulai diluncurkan untuk para pengguna iOS dan Android di Australia pada pekan ini. Ketika Photo Magic diaktifkan, Messenger akan memberi tahu pengguna untuk membagikan foto, saat fitur tersebut mendeteksi sebuah foto baru yang di dalamnya terdapat wajah temannya.

Opsi mengaktifkan fitur tersebut akan mulai hadir di Messenger pada pekan ini. Namun, pengguna diberi kebebasan jika tidak ingin mengaktifkannya.
Facebook tengah menguji sebuah fitur baru bernama Photo Magic, yang menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mempermudah berbagi foto (Foto: Facebook via Mashable)
Cara kerja fitur baru ini cukup sederhana. Misalnya, jika Anda berfoto bersama teman-teman di sebuah pesta, maka Facebook akan mendeteksi wajah teman-teman Anda yang ada di dalam foto.

Kemudian dalam hitungan detik (Android) atau menit (iOS), Anda akan melihat sebuah pemberitahuan yang menyarankan untuk mengirim foto tersebut melalui Messenger kepada teman yang bersangkutan.

"Jika Anda memilki foto baru, apakah diambil dari aplikasi kamera atau aplikasi lainnya, kemudian disimpan di galeri foto, maka kami akan mendeteksi wajah di foto tersebut. Kemudian kami akan mengirim pemberitahuan lokal untuk Anda agar mengirim foto tersebut jika Anda menginginkannya," jelas Product Manager Messenger, Peter Martinazzi.



Fitur ini menggunakan teknologi pengenal wajah yang sama dengan fitur tag di Facebook. Dengan demikian, Photo Magic tidak bisa mendeteksi wajah orang-orang yang tidak berteman dengan Anda di Facebook.

(din/why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini