Sukses

Wordpress Kuasai Seperempat Pasar Web di Dunia

Satu dari empat web di dunia menggunakan platform Wordpress.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari Anda pasti mengenal wordpress sebagai platform untuk blogging. Hal itu tidaklah salah. Akan tetapi, WordPress jauh lebih 'hebat' dari sekadar digunakan untuk situs blog.

Karena bersifat open-source dan gratis, WordPress sebagai sistem manajamen konten (content management system, CMS), meraih pencapaian luar biasa. WordPress saat ini 'menguasai' 25 persen dari pangsa pasar web di dunia.

Data terbaru dari W3Techs, yang dikutip dari Venture Beat, Selasa (10/11/2015), mengukur penggunaan dan pangsa pasarnya.

"WordPress digunakan oleh 58,7 persen dari semua situs web yang sistem manajemen kontennya kami ketahui. Ini adalah 25 persen dari semua situs web," ungkap W3Techs.

Sementara angka tersebut secara alami berfluktuasi selama berbulan-bulan, kecenderungan umum untuk WordPress mengalami perlambatan, tetapi pertumbuhannya masih stabil.

Kemudian, Matt Mullenweg, pendiri Automattic, menanggapi, "Kita harus nyaman dengan melewati angka 25  persen pada akhir tahun ini."

Kesempatan besar yang ada, lanjut Mullenweg, adalah masih adanya 57 persen situs web yang tidak menggunakan CMS yang belum teridentifikasi, dan di sanalah, menurutnya, masih ada perluang bagi WordPress untuk bertumbuh.

Dikatakan, W3Techs tidak menghitung subdomain dan domain yang diarahkan (redirect). Maka, semua subdomain wordpress.com dan redirected domain seperti Sun.com yang diarahkan ke Oracle.com, hanya dihitung sebagai satu situs web.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini