Sukses

Google Maps Kini Bisa Dipakai Tanpa Koneksi Internet

Versi terbaru dari Google Maps memungkinkan pengguna untuk mengunduh peta suatu daerah dan bisa digunakan secara offline.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi peta hanya bekerja dengan baik jika terhubung dengan internet. Namun kini, pengguna Google Maps tetap dapat menggunakan aplikasi peta ini, termasuk layanan navigasinya, secara offline.

Versi terbaru dari Google Maps kini memungkinkan penggunanya untuk mengunduh peta suatu daerah, sehingga informasi-informasi penting, seperti jalan dan lokasi bisnis, akan tersimpan pada perangkat mobile si pengguna. Secara otomatis, aplikasi ini akan berpindah ke modus offline, ketika ia mendeteksi sedikit atau tidak ada sinyal internet.

Tak hanya itu, informasi seperti jam-jam sibuk, informasi kontak dan peringkat, masih tersedia. Namun, pengguna harus berpuas diri tanpa informasi dan data lalu lintas real-time untuk membantu menentukan rute mengemudinya.

"Ketika koneksi internet ditemukan, maka Google Maps akan beralih kembali ke modus online, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses versi lengkap dari Maps, termasuk kondisi lalu lintas real-time untuk rute Anda saat ini," kata Google Product Manager, Amanda Bishop dalam sebuah posting, seperti dikutip dari Los Angeles Times, Rabu (11/11/2015).

Secara default, lanjut Bishop, Google hanya akan mengunduh informasi dan data suatu daerah ke perangkat si pengguna, saat si pengguna terhubung koneksi Wi-Fi. Hal ini untuk mencegah pemakaian data yang besar.

Meski pembaruan Google Maps ini untuk sementara hanya tersedia bagi pengguna perangkat Android, pengguna perangkat Apple diklaim juga akan segera dapat mencicipinya.

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.