Sukses

ARM Ungkap Prosesor Cortex-A35 untuk Smartphone Murah

ARM ingin menjadi game changer dengan prosesor Cortex-A35 terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika seseorang membeli smarpthone, dapat dipastikan salah satu pertimbangan utamanya adalah prosesor. Hal ini antara lain karena prosesor, di samping RAM dan GPU, berperan vital dan bertanggung jawab atas performa sebuah smartphone.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini tidak lagi sulit untuk menemukan prosesor 64-bit di smartphone. Namun di smartwatch, prosesor 64-bit masih jarang ditemukan. Untuk itulah, ARM ingin menjadi game changer dengan prosesor Cortex-A35 terbarunya.

Cortex-A35 menjanjikan mobile chip 64-bit paling hemat energi, yang mengonsumsi daya 32 persen lebih sedikit dari A53 di kelas mid-range. Bahkan karena lebih cepat dari A7 (6 sampai 40 persen lebih cepat), A35 dimaksudkan untuk menggantikan A7.

Perangkat pertama berbasis A35 mungkin tidak akan hadir sampai akhir 2016 nanti, dan terlalu dini untuk mengatakan pabrikan mana saja yang mengantre untuk menggunakannya. Namun, teknologi A35 menjanjikan banyak hal bagi wearable devices dan smartphone di kelas entry-level.

Kehadiran prosesor terbaru ARM ini diharapkan dapat membuka pintu lebih lebar bagi aplikasi dan fitur yang bergantung pada, khususnya, komputasi kompleks, seperti enkripsi ketat. Demikian dikutip dari Engadget, Senin (16/11/2015).

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini