Sukses

Bhinneka.com Dapat Suntikan Dana Rp 300 Miliar dari Ideosource

Pelopor toko online di Indonesia itu mendapatkan suntikan dana investasi Rp 300 miliar dari Ideosource.

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kabarnya, Bhinneka.com datang dengan kabar menggembirakan. Pelopor toko online di Indonesia itu mendapatkan suntikan dana investasi Rp 300 miliar dari perusahaan modal ventura lokal, Ideosource.

Dalam keterangannya, Rabu (11/11/2015) disebutkan, Bhinneka akan menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan kegiatan pemasaran, dan menjadi pemain dominan di lebih banyak kategori produk.

"Bhinneka memiliki brand yang kuat dan terkenal di Indonesia sebagai perusahaan O2O (online-to-offline) di kategori produk 3C (Computer/IT, Communication Technology, dan Consumer Electronics) dimana mereka memiliki toko online dan juga offline,” jelas Andi S. Boediman, Managing Partner Ideosource.

Bagi Bhinneka, menurut CEO Bhinneka Hendrik Tio, Ideosource akan memberikan banyak sekali nilai daripada sekedar dana. "Mereka juga memberikan banyak keahlian teknologi, jaringan, dan talenta yang bisa kita manfaatkan," katanya.

Menyusul investasi ini, sejumlah personil kunci seperti Betti Alisjahbana (mantan Presiden Direktur IBM Indonesia); Christian Van Schoote (mantan Direktur Central Retail Corporation dan MAP Indonesia) dan Heriyadi Janwar (mantan Senior Product Marketing Manager Microsoft) juga ikut bergabung ke tim Bhinneka.

Belanja online memang telah menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh banyak orang saat ini. Bhinneka sendiri berdiri pada 1999, bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Saluran penjualanya tidak hanya online namun juga offline.

Berdasarkan data dari portal statistik asal Jerman Statista, jumlah penjualan retail tahun 2014 di Indonesia berkisar di angka USD 411,29 miliar, dimana 99% di antaranya merupakan penjualan offline.

"Indonesia memiliki pasar retail offline yang sangat tidak terjamah. Kurangnya penetrasi offline berarti ada peluang yang sangat besar untuk diisi oleh channel online. Dan cara terbaik untuk memperkenalkan gaya belanja itu adalah dengan model O2O, atau kombinasi antara pengalaman offline dan online," ungkap Andi.

Bhinneka saat ini memiliki 630 pegawai. Perusahaan akan terus merekrut talenta terbaik, khususnya di departemen teknologi dan pemasaran. Ini juga merupakan bidang dimana jaringan Ideosource akan memainkan peran penting dalam pengembangan Bhinneka.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini