Sukses

Sikap Anda di Twitter Dipengaruhi Siapa yang Anda Follow

Emosi dari orang-orang yang di-follow, sangat mempengaruhi kepribadian seseorang dalam bertindak di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Emosi dari orang-orang yang di-follow ternyata sangat mempengaruhi kepribadian seseorang dalam bertindak di Twitter. Hal ini dibuktikan para peneliti dari University of Southern Carolina.

Menurut para peneliti tersebut, tweet para pengguna cenderung sejalan dengan ekspresi emosi orang-orang yang mereka follow. Dengan demikian, kicauan marah, kebencian, atau negatif dari pengguna yang di-follow kemungkinan besar akan membuat Anda men-tweet sentimen yang sama.

Pengguna yang terekspos serangkaian tweet negatif lebih mungkin mem-posting pesan negatif di jejaring sosial. Namun, tweet positif memberikan efek yang jauh lebih besar. Hal ini disebabkan oleh adanya efek "penularan emosional".

"Apa yang Anda tweet atau share di media sosial seringkali Anda tidak hanya mengekspresikan diri sendiri, tapi juga mempengaruhi orang lain," tutur Dr Emilio Ferrara yang memimpin studi tersebut.

Para peneliti memantau 3.800 pengguna Twitter dan sentimen yang ada di linimasa menggunakan sebuah alat analisis bernama SentiStrength. Di antara tweet-tweet negatif, ekspresi yang paling umum adalah kemarahan dan ketakutan. Demikian dikutip dari Telegraph, Kamis (12/11/2015).

(din/dew)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini