Sukses

Saingi Snapchat, Facebook Uji Fitur Baru Messenger

Lewat hadirnya fitur ini, nantinya pengguna dapat mengatur pesan yang dikirim akan otomatis hancur setelah satu jam

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dikabarkan kembali bersiap hadirkan fitur baru untuk aplikasi Messenger-nya. Fitur baru yang masih dalam tahap uji coba ini adalah kemampuan untuk menghapus pesan secara otomatis.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Sabtu (14/11/2015), fitur yang sedang diuji coba secara terbatas di Prancis ini memberikan kemampuan pengguna untuk mengatur pesan yang dikirimnya dapat hancur secara otomatis.

Untuk melakukannya, pengguna nantinya cukup memilih ikon jam pasir yang muncul di pojok kanan percakapan. Setelah dipilih, pesan yang dikirimkan akan secara otomatis hancur apabila sudah diterima dalam jangka waktu satu jam.

Facebook mengungkapkan bahwa fitur ini hanya berlaku untuk satu percakapan dan tidak semua thread yang ada di Messenger. Selain itu, fitur ini dapat dimatikan kapanpun sesuai kebutuhan pengguna.

Baca Juga

Kemampuan hapus pesan secara otomatis ini memang bukan kali pertama hadir di aplikasi chatting. Sebelumnya, fitur yang disebut juga sebagai ephemeral message ini sudah hadir di aplikasi chatting lain, Snapchat. 

Bahkan, secara tidak langsung ephemeral message ini menjadi ciri khas populer dari aplikasi Snapchat dan jadi salah satu alasan banyak pengguna memilih aplikasi tersebut. 

Oleh karena kepopuleran fitur ini, tidak sedikit beberapa pihak kemudian menilai bahwa langkah Facebook menghadirkan fitur serupa agar dapat bersaing dengan Snapchat. 

Terlebih sebelumnya pada 2013, Snapchat pernah menolak tawaran pembelian dari Facebook. Kala itu, Evan Spiegel selaku CEO Snapchat disebut menolak tawaran pembelian sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 40 miliar dari perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut. 

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini