Sukses

iPad Pro Dikeluhkan Tidak Responsif Saat Diisi Ulang

Sejumlah pemilik iPad Pro mengeluhkan tablet tersebut tiba-tiba tidak bisa digunakan atau tidak responsif ketika sedang ngecas.

Liputan6.com, Jakarta - Tablet terbaru Apple, iPad Pro, telah mulai dijual ke pasaran. Tapi ternyata kehadiran tablet tersebut tidak disambut baik oleh seluruh pembelinya.

Menurut laporan Phone Arena yang dikutip Rabu (18/11/2015), sejumlah keluhan mengenai iPad Pro mengalir di dunia maya. Mereka mengalami masalah ketika tablet tersebut sedang dalam proses pengisian daya atau ngecas (charging).

Mereka mengatakan, tablet tersebut tidak bisa digunakan atau tidak responsif ketika sedang diisi ulang. Sebagian besar mengaku harus melakukan hard reset agar bisa kembali menggunakan tablet tersebut.

Menurut beberapa pemilik, setelah hard reset tertera keterangan bahwa baterai telah terisi kembali 100 persen. Berbagai keluhan pengguna tampak menghiasi laman Apple Support Communities.

"Saya mengisi ulang daya baterai iPad Pro dua kali, dan keduanya mengharuskan saya untuk melakukan hard reset agar bisa menggunakan tablet itu kembali," tulis salah satu pengguna.

Pengguna lain menulis, "Saya memiliki masalah yang sama. Ketika saya menghubungkan iPad Pro dengan charger selama lebih dari satu jam, tiba-tiba tablet tidak bisa digunakan. Saya harus melakukan beberapa kali hard reset agar bisa menggunakannya kembali".

Beruntung, pihak Apple menyadari masalah tersebut dan memberikan beberapa saran untuk mengatasinya. Pengguna diminta untuk melakukan factory reset menggunakan iTunes atau menekan tombol Sleep/Wake dan Home secara bersamaan kurang lebih 10 detik untuk me-restart tablet.

Menurut laporan, masalah tersebut bukan berasal dari hardware tapi dari sistem operasi (OS) iOS 9. Pembaruan software sederhana diklaim akan bisa menyelesaikan masalah tersebut.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.