Sukses

Bos XL: Carrier Agregation Belum Diperlukan

Frekuensi yang dimiliki XL saat ini dinilai masih cukup untuk memperkuat penerapan carrier agregation.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi operator seluler XL Axiata, penerapan teknologi carrier agregation (CA) atau penggabungan frekuensi dinilai tepat untuk menyediakan layanan 4G yang optimal.

Dengan lisensi frekuensi yang dimilikinya -- 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2.100 MHz -- XL dapat menggabungkan ketiganya untuk menghadirkan layanan 4G berkecepatan tinggi.

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, justru berminat terhadap sisa blok 11 dan 12 di 2.100 MHz. Tambahan blok tersebut dapat melengkapi jumlah kepemilikan frekuensi XL yang mampu memperkuat penerapan carrier agregation di masa mendatang.

"Masih ada dua blok kosong di 2.100 MHz yang akan dilelang pemerintah. Kami tentu minat untuk dapat tambahan blok. Spektrum itu menentukan kapasitas. Semakin banyak spektrum, investasi yang diperlukan untuk kapasitas pun lebih rendah," ujarnya.

Menurut Dian, yang ditemui tim Tekno Liputan6.com usai Press Launch 4G Jakarta, Selasa (17/11/2015), apabila tak memenangkan lelang blok 3G, XL masih memiliki frekuensi cukup untuk menggelar jaringan 4G. Lagipula, saat ini carrier agregation dinilai belum terlalu dibutuhkan anak usaha Axiata Group ini.

Sekadar catatan, XL memiliki spektrum selebar 22,5 MHz di frekuensi 1.800 MHz, 15 MHz di 2.100 MHz, dan 7,5 MHz di 900 MHz.

"Memang teknologi carrier agregation bagus utuk 4G-LTE. Namun, ekosistem handset yang mendukung carrier agregation belum banyak, hanya 5 persen dari total handset yang ada," papar Dian.

Bagi perusahaan, carrier agregation dinilai belum terlalu mendesak dalam beberapa tahun ke depan.

"Kalau dalam masa dua tahun ke depan, frekuensi kami selebar 22,5 MHz di 1.800 MHz masih cukup. Itu saja saat ini baru 10 MHz yang kami gunakan, masih ada 12,5 MHz lagi," tutupnya.

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini