Sukses

Pengguna Android Mudah Tergoda Pesona iPhone

Ericsson merilis data mengenai tingkat kesetiaan konsumen terhadap sistem operasi mobile, iOS, Android dan Windows Phone.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi, Ericsson, merilis data mengenai tingkat kesetiaan konsumen terhadap sistem operasi (OS) mobile, iOS, Android dan Windows Phone. Menurut data itu, pengguna Android ternyata lebih mudah tergoda dengan kehadiran iPhone terbaru.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Kamis (19/11/2015), tingkat kesetiaan konsumen yang dimaksud dalam data tersebut adalah seberapa banyak orang membeli sebuah ponsel baru dengan OS yang sama. 

Berdasarkan data, layolitas terhadap Android lebih besar daripada iOS. Tapi hal itu hanya bertahan sampai Apple merilis iPhone terbaru. Sedangkan kecil kemungkinan bagi pengguna lama iPhone membeli perangkat Android.

Merujuk pada data kuartal III 2015, persentase penguna iPhone beralih menggunakan iPhone terbaru naik menjadi 4,5 persen. Pengguna iOS yang beralih ke smartphone Android terbaru sebesar 0,3 persen, sedangkan Android ke iPhone terbaru sebesar 0,6 persen.

Peluncuran tahunan iPhone setiap September menyebabkan fluktuasi sementara yang signifikan dalam pola peralihan perangkat. Dalam dua pekan setelah peluncuran iPhone terbaru, tingkat peralihan dari pengguna iOS naik signifikan.

Secara keseluruhan, tingkat loyalitas iOS naik dari 73 menjadi 93 persen. Untuk periode yang sama, loyalitas Android turun dari 82 menjadi 76 persen. Sedangkan Windows Phone memiliki tingkat peralihan terendah, dengan kehilangan sekira 2,5 persen penggunanya ke Android dan iOS setelah iPhone terbaru dirilis.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.