Sukses

Mengintip Rahasia Ilmu `Sihir` Apple

Apple dikenal sebagai raksasa teknologi yang sangat menjaga rahasia perusahaan, terutama berbagai proyek yang tengah disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikenal sebagai raksasa teknologi yang sangat menjaga rahasia perusahaan, terutama berbagai proyek yang tengah disiapkan dan belum diumumkan kepada publik. Bahkan saking tertutupnya, "sifat rahasia" Apple itu disebut sebagai bagian dari "sihir" perusahaan.

Jika Anda penasaran seberapa besar usaha Apple menjaga rahasia perusahaan, jawaban dari sejumlah sumber di situs tanya-jawab Quora ini, setidaknya bisa memberikan jawaban.

Mereka memberikan jawaban atas pertanyaan "What is the internal culture like at Apple?" atau "Seperti apa budaya internal Apple?".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Apple mengontrol pembicaraan karyawan

Jangankan dengan kompetitor, Apple disebut mengontrol apa yang dibicarakan karyawannya dengan pasangan mereka. Hal ini diungkapkan oleh mantan desainer antar muka Apple, Maxwell.

"Tidak ada yang bisa menandingi tindakan yang diambil Apple untuk melindungi lingkungan kreatif dan intelektualnya. Kebijakan keamanan Apple meluas ke blog, pembicaraan hingga apa yang kita bicarakan dengan pasangan kita," tulisnya.

3 dari 5 halaman

2. Mengatur tata bahasa dan tanda baca dokumen internal

Setelah memo internal dari bos ritel Apple, Angela Ahrendts, bocor beberapa waktu lalu, perusahaan mulai melakukan perubahan. Apple mengubah komunikasi internal agar bisa mengetahui siapa yang membocorkan informasi.

Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Wozniak tersebut, kini mengirimkan memo dengan pesan berbeda ke bagian-bagian berbeda. Hal ini diharapkan dapat melacak sumber yang memberikan informasi, jika isi memo bocor di media.

4 dari 5 halaman

3. Kode-kode rahasia

Diungkapkan Maxwell, nama kode adalah salah satu bagian menyenangkan di Apple. Karena itu, setiap orang mengetahui nama kode yang berbeda.

"Nama kode yang Anda tahu tidak sama dengan yang diketahui oleh orang lain. Ini didesain untuk melihat siapa yang tidak sengaja mengucapkannya atau membocorkannya," tuturnya.

5 dari 5 halaman

4. Minggu adalah hari kerja

Don Melton adalah mantan direktur teknologi internet. Dia menggambarkan kegilaan jadwal kerja Apple.

"Minggu adalah malam untuk bekerja bagi semua orang di Apple, karena keesokan harinya adalah saatnya pertemuan para eksekutif. Jadi Anda harus memantau ponsel dan duduk di depan komputer, meskipun saat itu ada acara televisi favorit Anda," ungkapnya.

Sikap tegas Apple menjaga rahasia perusahaan dilakukan dalam berbagai tindakan. Bahkan Tim Cook saat masih menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Apple, pernah mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui sihir Apple dan mencurinya.

"Ini (sikap rahasia) adalah bagian dari sihir Apple. Saya tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui sihir kami karena saya tidak ingin ada yang menirunya," tutur Cook yang kini telah menjadi Chief Executive Officer (CEO) Apple.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.