Sukses

Chromebit Sulap Flashdisk Jadi Komputer

Dongle seukuran flashdisk ini hanya dibanderol US$ 85 dengan kapasitas ruang penyimpanan 16 GB.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelumnya, Google dan Asus telah mengumumkan kehadiran Chromebit -- komputer bersistem operasi Chrome seukuran flashdisk. Kemarin, Rabu (18/11/2015) keduanya resmi merilis perangkat tersebut.

Dongle seharga US$ 85 itu hanya berbobot 75 gram atau sekitar 2,6 ons. Pengguna dapat memasangkannya ke HDMI port agar dapat menjadi layar komputer atau seperti layar televisi besar. 

Dilaporkan dari Tech Crunch, Kamis (19/11/2015), Chrometbit memiliki ruang penyimpanan sebesar 16 GB dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB. Secara ukuran, Chromebit lebih besar dibanding Chromecast lama.

Perbedaan lainnya, Chromebit hadir dengan USB port. Chromebit yang ditenagai Rockchip ini juga tersedia dengan dua pilihan warna, yakni hitam kakao dan oranye jeruk. 

Untuk mengkoneksikannya dengan Chromebit, pengguna bisa menggunakan mouse bluetooth atau keyboard. Tak hanya itu, fitur USB port juga memampukan pengguna untuk menyolok perangkat tambahan juga. 

Karena ini menggunakan sistem operasi Chrome, pengguna dapat menjalakan aplikasi web di situ. Mereka dapat memutar film atau acara televisi dari Google Play, Netflix, atau Hulu, sama seperti perangkat berbasis Chrome lainnya.

Selama pekerjaan hanya melibatkan aplikasi web, pengguna dapat menjadikan Chromebit untuk mengubah layar apapun menjadi sebuah desktop.

Di Amerika Serikat, Chromebit sudah tersedia di Amazon, Fry’s and Newegg. Untuk negara lainnya, perangkat ini juga sudah hadir di Australia, Kanada, Denmark, Finlandia, Jepang, Selandia Baru, Norwegia, Spanyol, Swedia, Taiwan, dan Inggris.


(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini