Sukses

[Review] Sony Xperia Z5 Dual: Ada Harga, Ada Kualitas

Tak perlu waktu lama usai diperkenalkan di ajang IFA 2015 di Berlin beberapa saat lalu, Sony Xperia Z5 secara resmi mendarat di Indonenesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu waktu lama usai diperkenalkan di ajang Internationale Funkausstellung (IFA) 2015 di Berlin beberapa saat lalu, Sony Xperia Z5 Dual secara resmi mendarat di pasar Indonesia. Disebut Dual karena smartphone ini mengusung dual SIM Card dengan ukuran nano. 

Seperti diketahui, seri Z dikenal sebagai produk flagship besutan Sony Mobile untuk perangkat smartphone dan tablet berbasis Android.

Lantas, fitur dan teknologi apa saja yang ditawarkan Xperia Z5 Dual? Untuk mengetahuinya lebih dalam, simak ulasan Tekno Liputan6.com berikut ini.

Desain dan Antarmuka Pengguna

Karena termasuk ke dalam keluarga seri Z, maka otomatis desain Xperia Z5 Dual secara umum mengadopsi desain khas seri Z. Tapi jika dilihat secara saksama, smartphone ini sangat mirip dengan Z3+ yang lebih dulu melantai di pasar Indonesia pertengahan tahun ini.

Pemilihan material kaca dan logam memunculkan kesan elegan dan berkelas di smartphone berukuran 146 x 72 x 7.3 milimeter tersebut. Imbasnya, bobot Z5 Dual terbilang cukup ringan, tepatnya hanya 154 gram.




Bukan hanya di back cover bagian tengah bawah, tulisan Xperia terpampang juga di bodi sebelah kiri bawah.

Hal ini kian menguatkan kentalnya `rasa` dari Xperia itu sendiri. Satu lagi yang menambah kesan elegan dan berkelas adalah pilihan warna yang tersedia: hijau, hitam, emas, dan putih.


Uniknya, bodi Xperia Z5 dibuat lebih tinggi dari back cover. Dengan demikian, ketika diletakkan di atas meja, misalnya, back cover Xperia Z5 tidak langsung bersentuhan dengan permukaan meja.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk melindungi kaca lensa dan lampu flash yang hampir rata dengan back cover. Perhitungan yang sungguh cerdas!


Di bodi sebelah kanan terdapat tiga tombol, yaitu tombol power, tombol  volume, dan tombol shutter kamera. Sementara di bodi sebelah kiri hadir slot untuk kartu microSD dan nano SIM. Keduanya tersembunyi di balik satu buah 'penutup' yang sama.

Beralih ke bodi sebelah atas, soket untuk headphone hanya berjarak beberapa milimeter dari ujung kiri. Kemudian di bodi sebelah bawah, terdapat soket micro-USB.



Android Lollipop dengan nomor versi 5.1.1 didaulat menjadi sistem operasi dari Z5. Dan secara default, Sony Mobile menyediakan 9 tema yang dapat dipilih, termasuk tema khas Xperia yang dipadukan dengan 10 wallpapers bawaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kamera dan Multimedia

Kamera dan Multimedia

Di situs resmi Sony Mobile, Xperia Z5 disebut-sebut sebagai best low-light technology camera phone besutan Sony Mobile. Rasanya ini terdengar tidak berlebihan, mengingat kamera utama Xperia Z5 mengusung 1/2.3” 23 MP Exmor RS.

Dengan modal tersebut, beberapa fitur utama yang ditawarkannya adalah 5x Clear Image Zoom, ISO 12800 untuk foto dan ISO 3200 untuk Video, SteadyShot with Intelligent Active Mode, dan perekaman video pada resolusi 4K.

Berikut ini beberapa hasil jepretannya: 



Dari foto di atas, sensor kamera Xperia Z5 melakukan tugasnya dengan baik. Ia mampu memfokuskan objek utama, sehingga objek selain dari objek utama otomatis dibuat blur tanpa mengharuskan kita mengotak-atik setelan apa pun (bokeh).

Beda halnya dengan kamera smartphone Android yang mengusung Google Camera sebagai aplikasi kamera bawaan, Google Camera 'memaksa' pengguna untuk menggerakkan smartphone secara vertikal dengan tetap berfokus pada objek untuk menghasilkan foto serupa.



Sayangnya, ketika diuji untuk mengambil foto makro, jarak terdekat untuk hasil foto terbaik adalah sepanjang telunjuk orang dewasa. Jika melebihi jarak itu, hasilnya tidak terlalu memuaskan.



Foto ini diambil di rooftop SCTV Tower. Akan tetapi, karena kondisi cuaca saat pengambilan foto tengah berkabut, hasil foto masih menunjukkan sejumlah noise.

Mungkin, jika cuaca tidak berkabut, hasilnya akan jauh lebih baik. Tapi secara umum, untuk ukuran kamera sebuah smartphone, sensor kamera Xperia Z5 Dual terbilang mampu menangkap gambar di malam hari dengan baik.

Kemudian ada satu catatan lainnya, foto yang ada di review ini sudah mengalami penyesuaian ukuran (resize). Tentu saja, kualitas foto dalam ukuran asli jauh lebih baik daripada yang sudah disesuaikan ukurannya.

Tak ketinggalan, yang paling baru di Xperia Z5 adalah pemindai sidik jari (finger print scanner). Pemindai tersebut terletak tepat di tombol power. Gunanya, Anda bisa menyetelnya sebagai pengganti password untuk membuka kunci.

Ketika Anda menempelkan jari Anda di pemindai tersebut, maka kunci pun terbuka secara otomatis dalam waktu singkat. Maka jelas kehadiran pemindai ini sangat praktis dan menghemat waktu untuk membuka kunci, bukan?

3 dari 6 halaman

Merekam aksi permainan

Merekam aksi permainan

Nah, sekarang waktunya membahas fitur yang akan sangat disukai oleh gamer. Xperia Z5 dibekali fitur perekaman gameplay yang berfungsi tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pilih game yang ingin Anda rekam, lalu tekan tombol power, maka akan muncul menu pop up dengan opsi 'power off', 'restart', 'take screenshot', dan 'record screen'. Tentunya, pilih 'record screen' untuk merekam gameplay dari permainan yang Anda mainkan.

Untuk menguji fitur ini, tim Tekno Liputan6.com merekam satu sesi balapan dari permainan Need for Speed No Limits. Then how was the result? Hasilnya, fitur tersebut mampu menjalankan perannya dengan sangat baik.

Hasil rekaman ditampilkan dalam video berformat MP4. Di pengujian kami, video satu sesi balapan dengan durasi 2 menit 31 detik tersimpan dalam ukuran 236 MB.

Berikut screenshot videonya.



Oh ya, kalau Anda mengenal artis YouTube PewDiePie, maka Anda pun dapat beraksi seperti dia: bermain video game sambil melontarkan komentar. Ya, fitur record screen di Xperia Z5 juga sudah mendukung hal ini.

4 dari 6 halaman

Hardware

Hardware

Otak di balik Xperia Z5 Dual adalah Octa-core 64-bit Qualcomm Snapdragon 810. Prosesor ini jelas merupakan salah satu prosesor terbaik dan tercepat saat ini. Dipadukan dengan RAM sebesar 3GB, di atas kertas performanya bisa dipastikan tidak akan mengecewakan.

Untuk menguji performa hardware, tim Tekno Liputan6.com menggunakan aplikasi AnTutu Benchmark versi 5.7.1 untuk Android. Bagaimana hasilnya? Simak screenshot dan penjelasannya di bawah ini.



Hasil uji AnTutu Benchmark menunjukkan, performa Xperia Z5 mengantongi total skor 47546. Apa hasil itu memuaskan? Untuk menjawabnya, mari kita lihat perbandingan skor tersebut dengan skor sejumlah smartphone lainnya.


Ternyata, skor hasil uji AnTutu Benchmark dari Xperia Z5 Dual masih di bawah skor Samsung Galaxy Note 4, Asus Zenfone 2, dan LG G4. Bahkan, lebih jauh lagi, skor ini terpaut jauh dari versi tablet Xperia Z4 yang meraih skor di atas 50.000.

Kendati demikian, skor AnTutu itu tidak lantas mengarah pada kesimpulan bahwa performa Xperia Z5 masih kalah oleh beberapa perangkat di atas.

Sebab, berdasarkan pengalaman riil tim Tekno Liputan6.com ketika menggunakan Xperia Z5 Dual untuk memainkan Asphalt 8, Fast & Furiuos Legacy, Need for Speed No Limits, dan permainan lainnya, performa Z5 sangat memuaskan. Selama bermain, kami sama sekali tidak mendapati laggy.

Namun ada sedikit catatan, suhu di back cover terasa panas berlebih atau overheat ketika Xperia Z5 digunakan bermain game selama setengah jam nonstop. Hal ini, mungkin saja gejala yang wajar, mengingat Xperia Z5 mengusung material metal.

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Dengan banderol hampir Rp 10 jutaan, maka Sony Xperia Z5 Dual tentu akan bermain di pasar high-end. Maka wajar saja jika muncul pertanyaan apakah harga tersebut sebanding atau tidak dengan apa yang ditawarkan Sony Xperia Z5 Dual?

Setelah melakukan serangkaian pengujian di atas, maka bisa ditarik beberapa poin penting. Pertama, dari segi desain, tidak bisa disangkal bahwa bodi Sony Xperia Z5 berhasil menampilkan kesan smartphone premium, mewah dan elegan.

Selanjutnya dari segi performa, paduan hardware yang diusung sukses membuat performanya gahar dalam mengeksekusi berbagai tugas. Terbukti, memainkan HD Game di Xperia Z5 tidak patah-patah, laggy, atau mengalami hambatan lainnya.

Kemudian, fitur-fitur unggulan seperti kamera yang mumpuni, kedap air, pemindai sidik jari, dan record screen, menjadi beberapa keunggulan yang sangat patut untuk dipertimbangkan. Dengan demikian banderol hampir Rp 10 jutaan dirasa masuk akal.

6 dari 6 halaman

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Lengkap

Memori dan penyimpanan   

3 GB RAM   
Memori flash hingga 32 GB
Kartu microSD™ hingga 200 GB

Kapabilitas SIM   
Nano SIM   
Dual SIM

Sistem Operasi   
Google Android™ 5.1 (Lollipop)

Prosesor (CPU)   
Qualcomm Snapdragon 810 (MSM8994)   
Adreno 430 GPU   
Prosesor Octa Core 64 bit

Baterai   
Masa pakai baterai hingga 2 hari
2900 mAh   
Waktu bicara: Hingga 17 jam   
Waktu Siaga: Hingga 540 jam
Waktu mendengarkan musik: Hingga 87 jam
Waktu pemutaran video: Hingga 8 jam

Daya tahan   
Kedap air dan tahan debu (IP65 and IP68)

Berat   
156,5 gram

Dimensi   
146 x 72,1 x 7,45 mm

Warna   
Hitam Grafit   
Putih   
Emas   
Hijau

Layar   
FHD 5.2” 1080p (1920x1080)   
Layar Triluminos untuk Ponsel   
X-Reality untuk Ponsel   
Penyempurna Kontras Dinamis

Kamera utama   
Sensor Sony Exmor RS™ 1/2.3" 23 MP untuk ponsel   
Fokus Otomatis Hybrid 0,03 detik   
Zum Gambar Jelas 5x   
Hingga 8x Zum Digital   
G Lens sudut bidik lebar (24 mm)   
Hingga ISO 12800 untuk Foto / 3200 untuk Video   
SteadyShot™ dengan Mode Aktif Pintar - stabilisasi video   
Perekaman video 4K   
Lampu Kilat LED Berkedip

Kamera depan   
Kamera depan 5MP Sensor Sony Exmor R™ untuk ponsel   
Video Full HD   
SteadyShot™ dengan Mode Aktif Pintar - stabilisasi video
Lensa sudut bidik lebar (25 mm)
Jaringan   
GSM GPRS   
UMTS HSPA (3G)   
LTE (4G) / LTE (4G) Cat 6

Konektivitas   
aGPS
Teknologi Bluetooth® 4.1 nirkabel   
DLNA Certified®   
WiFi MIMO   
MHL 3.0
NFC   
Sensor sidik jari

Suara   
Audio Beresolusi Tinggi (LPCM, FLAC, ALAC, DSD)   
DSEE HX   
LDAC   
Peredaman Derau Digital   
Clear Audio+   
S-Force Front Surround   
Kompensasi headset otomatis   
Perekaman Stereo   
Radio FM

Hiburan   
PlayMemories
Putar Jarak Jauh PS4™

Aksesori utama   
SmartWatch 3   
Headset Audio Beresolusi Tinggi (MDR-NC750)   
Penutup Jendela Modis SCR42 untuk Xperia Z5 Dual

Catatan: Spesifikasi diambil dari laman resmi Sony

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.