Sukses

Komersialisasi 4G Indosat Ooredoo Rampung Pekan Depan

Hal ini dipastikan secara langsung oleh Presdir dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan identitas terbarunya dengan mengganti nama, logo, serta struktur organisasi, operator Indosat Ooredoo mengungkap bahwa mereka baru akan mengomersialisasikan layanan 4G pita frekuensi 1.800 MHz pada pekan depan.

Ketika ditemui tim Tekno Liputan6.com usai acara Indonesia Digital Nation di Gedung Kantor Pusat Indosat, Jakarta, Kamis kemarin (19/11/2015), President Director dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, memastikan komersialisasi 4G memang akan rampung pada minggu depan.

"Ya, kami baru akan mengomersialisasikan 4G di 1.800 MHz serentak di sejumlah kota besar Indonesia, komersialisasi tersebut rampung pada minggu depan nanti,

Sebelumnya, Indosat Ooredoo sempat mengumumkan bahwa komersialisasi 4G seharusnya akan rampung tepat pada ulang tahunnya di hari ini, Jumat, 20 November 2015.

Ketika ditanya menggapa frekuensi 1.800 MHz baru akan diaktifkan pada pekan depan, Alex mengatakan bahwa proses penataan ulang (refarming) di beberapa wilayah masih belum selesai pada pekan ini.

"Karena kami menunggu selesai refarming di Jakarta dan semua kota. Semua itu akan selesai di akhir November ini. Kami akan menyalakan 4G di frekuensi 1.800 Mhz bersamaan di semua tempat yang memang sudah di-upgrade ke LTE ke 1.800 MHz jika sudah dinyalakan," tutur Alex.

Dijelaskan Alex, frekuensi 900 MHz akan terus aktif, namun jika dihidupkan ke 1.800 MHz, semuanya akan teragregasi. Dirinya mengklaim, dengan strategi tersebut, kecepatan 4G Indosat mampu melesat hingga 112 Mbps.

"Memang, untuk saat ini 4G di frekuensi 1.800 MHz sudah aktif, tapi kan itu lagi kena trail walaupun di daerah-daerah sudah mulai dihidupkan. Jadi kami lebih memilih untuk menunggu jika di Jakarta sudah dihidupkan frekuensi 1.800 MHz, barulah kami akan nyalakan sekaligus serentak di beberapa kota di Tanah Air," tegasnya.

Sebelumnya diketahui, pada pita frekuensi 1.800 MHz, perusahaan telekomunikasi yang berdiri sejak 20 November 1967 itu baru saja menghadirkan layanan 4G di Balikpapan, Kalimantan Timur. Beberapa waktu lalu, Indosat sendiri sudah menggelar 4G di 900 Mhz di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

"LTE di frekuensi 900 MHz memanh sudah aktif sejak Desember tahun lalu, karena waktu itu para operator diimbau bersama-sama untuk launch LTE di frekuensi 900 MHz," tutupnya.

(jek/why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini